Sukses

Mengatasi Hernia & Ambeien

06 Nov 2014, 15:31 WIB
Wanita, 5 tahun.

Mau nanya dok, apa ada solusinya bila anak perempuan saya 2 penyakitnya satu hernia bisa disembuhkan tanpa operasi ??? dan apa solusi mengatasi ambeyen yang keluar setiap saat buang air besar. Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan anak Anda apakah saat ini terdapat hernia dan ambeien? Jika iya, sekilas izinkan kami menjelaskan satu persatu. 

Penyakit hernia memang sering terjadi pada dewasa, namun ternyata dapat juga ditemukan pada anak-anak. Pada hernia yang terjadi pada anak-anak, jaringan yang dapat menonjol mengalami penonjolan hanya saat terdapat tekanan fisik atau mengedan. Umumnya, Anda dapat melihat tonjolan yang jelas saat anak Anda menangis, batuk, atau mengedan. dan seringkali menghilang kemudian.

Hernia pada anak merupakan kelainan bawaan yang disebabkan oleh kegagalan penutupan prosesus vaginalis di lipat paha sehingga menimbulkan celah/lubang, hal ini menyebabkan organ perut seperti usus bisa masuk melalui lubang tersebut dan menyebabkan munculnya benjolan di selangkangan atau skrotum (pada laki-laki) dan labia/bibir vagina (pada perempuan).

Hernia yang masih bisa keluar masuk/hilang timbul disebut hernia irreponibilis, hernia ini tidak berbahaya. Namun jika dibiarkan dapat membuat hernia tidak dapat masuk kembali sehingga usus terjepit. Usus yang terjepit ini bisa menyebabkan aliran darah berkurang dan membuat jaringan usus kekurangan suplai oksigen dan dapat mengalami kematian jaringan. Kondisi ini disebut sebagai hernia strangulata.

Pada beberapa kondisi, hernia dapat menutup dengan sendirinya namun dapat jugat menetap. Jika tidak menutup setelah usia 3 bulan-2 tahun maka perlu dilakukan tindakan operasi. Terapi utama hernia adalah dengan operasi/pembedahan yang bertujuan menutup celah agar usus tidak dapat keluar lagi melalui celah tersebut. Tindakan ini disebut sebagai hernioraphy. Kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter bedah agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh, sekaligus Anda dapat berdiskusi dengan dokter mengenai penanganan yan tepat terkait dengan keluhan anak Anda. 

Hemorrhoid (wasir/ambeien) merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Hemorrhoid dibagi menjadi hemorrhoid eksterna dan interna. Untuk menegakkan diagnosis ambeien, diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter pada anus.

Hemorrhoid dibagi menjadi 2 tipe :

  • Hemorrhoid eksterna: wasir dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa. Biasanya menimbulkan keluhan nyeri. Dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang muncul berupa gatal. Wasir jenis ini rentan terhadap trombosis (penggumpalan darah). Jika pembuluh darah vena pecah yang mengalami kelainan pecah, maka penggumpalan darah akan terjadi sehingga akan menimbulkan keluhan nyeri yang lebih hebat.
  • Hemorrhoid interna: wasir yang muncul didalam rektum., biasanya tidak nyeri. Perdarahan dapat timbul jika mengalami iritasi. Perdarahan yang terjadi bersifat menetes. 
Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :
  • Grade I: wasir tidak keluar dari rektum
  • Grade II: wasir prolaps (keluar dari rektum) pada saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan
  • Grade III: wasir prolaps saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus secara manual (didorong kembali dengan tangan) 
  • Grade IV: wasir mengalami prolaps namun tidak dapat dimasukkan kembali

Hemorrhoid interna derajat I dan II masih dapat ditangani dengan terapi obat oral. Wasir derajat 1 atau 2 tidak membutuhkan operasi.

 

Cara untuk menghindari peningkatan derajat wasir menjadi lebih parah lagi dapat dilakukan melalui beberapa cara, diantaranya adalah :

  • Minum banyak air, makan makanan yang mengandung banyak serat (buah, sayuran, sereal, suplemen serat, dll) sekitar 20-25 gram sehari
  • Olahraga
  • Mengurangi mengedan
  • Menghindari penggunaan laksatif (perangsang buang air besar)
  • Membatasi mengedan sewaktu buang air besar.
  • Penggunaan celana dalam yang ketat dapat mencetuskan terjadinya wasir dan dapat mengiritasi wasir yang sudah ada.

Berikut kami lampirkan artikel mengenai wasir.

Wasir

Tujuh Cara Sehat Cegah Wasir

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar