Sukses

Kista pada Kehamilan

06 Nov 2014, 11:37 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dokter saat ini saya sedang mengandung usia kandungan saya saat ini 18w. Dari pertama dinyatakan hamil dokter mamberi tahu da kista yang menutupi jalan lahir dan dari pertama usg sampai sekarang kista itu tetap di ukuran 7 cm. Lalu bagaimana dengan proses persalinan saya nanti dokter apa harus dilakukan cesar sekaligus pengankatan kista nya atau aa alternatif lain. Terima kasih tim klik dokter

dr. Mega Putri

Dijawab Oleh:

dr. Mega Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelum kami melanjutkan, perlu kami perjelas kista yang Anda maksudkan. Di mana letak kista yang Anda maksudkan tersebut karena meskipun yang paling sering ditemui pada wanita adalah kista indung telur (ovarium), namun kista dapat juga terjadi di rahim/endometrium. Penanganan kista juga bergantung pada jenis kistanya.

Kista rahim dalam medis disebut dengan kista endometrium atau endometrioma atau kista cokelat. Kista jenis ini terbentuk dari adanya endometriosis. Sedangkan endometriosis sendiri adalah suatu penyakit dimana jaringan endometrium yang normalnya terdapat di uterus/rahim ternyata juga terdapat di bagian lain. Selama perjalanannya, kista dapat terus berkembang dan dapat menjadi sebesar buah anggur. 

Gejala yang mungkin dirasakan sangat bervariasi; mulai dari tidak ada gejala hingga rasa keram yang hebat saat menstruasi, nyeri saat bersenggama atau nyeri selama pergerakan usus. Jika kista endometrium robek, maka isinya akan keluar ke rongga panggul, dan dapat menyebabkan perdarahan dalam. Keadaan ini selanjutnya dapat menyebabkan pembentukan jaringan parut yang kemudian menimbulkan rasa sakit dan permasalahan dalam infertilitas/kesuburan.

Sedangkan Kista ovarium atau kista indung telur adalah kantung yang berisi cairan yang ditemukan di ovarium. Selama fase menstruasi, ovarium akan menghasilkan telur dari pematangan kantung yang disebut folikel. Kebanyakan dari kista ini tidak berbahaya atau dibilang sebagai kista yang fungsional. Hanya sekitar 4-10% yang mengalami gangguan kista serius seperti PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome).

Kista yang fungsional dapat tumbuh sampai sebesar 6 cm namun umumnya tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak diperlukan terapi apapun. Terapi pembedahan baru dipertimbangkan pada kista berukuran > 6cm dan tampak membesar atau tidak mengecil (ukuran tetap) setelah 2-3 siklus menstruasi. Selain itu, tindakan operasi juga dapat dilakukan apabila timbul keluhan nyeri.

Kami sarankan anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mendapatkan penanganan yang optimal sesuai kondisi anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (MP)

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar