Sukses

Anak Terlambat Berbicara

06 Nov 2014, 10:52 WIB
Pria, 33 tahun.

Dok Mau tanya nie... anak saya umurnya hampir 2 tahun kira2 nie pada usia berapa anak normalnya bisa bicara secara lancar... krn anak saya belum bisa bicara... hanya mama, papa, tidak mau itu saja yg bisanya mohon dibantu dok... terima kasih

dr. Mega Putri

Dijawab Oleh:

dr. Mega Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pada usia anak 2 tahun, kemampuan yang dimiliki seharusnya adalah :

  • Jalan naik tangga sendiri
  • Dapat bermain dan menendang bola kecil
  • Mencoret-coret pensil pada kertas
  • Bicara dengan baik, menggunakan 2 kata
  • Dapat menunjuk 1 atau lebih bagian tubuhnya ketika diminta
  • Melihat gambar dan dapat menyebut dengan benar nama 2 benda atau lebih
  • Membantu memungut mainannya sendiri atau membantu mengangkat piring jika diminta
  • Makan nasi sendiri tanpa banyak tumpah
  • Melepas pakaiannya sendiri

Koleksi kata-kata anak pada usia 2 tahun memang sudah meningkat, mereka dapat mengkombinasikan 3 atau lebih kata menjadi kalimat, mengerti berbagai macam perintah, dapat mengidentifikasikan warna dan mengerti konsep deskriptif. Permasalah yang anda kemukakan adalah bahwa anak anda mengalami keterlambatan berbicara yang termasuk di dalam gangguan komunikasi.

Gangguan komunikasi meliputi berbagai lingkup masalah yaitu gangguan bicara, bahasa, dan mendengar. Gangguan bahasa dan bicara melingkupi gangguan artikulasi, gangguan mengeluarkan suara, afasia (kesulitan menggunakan kata-kata, biasanya karena memar atau luka pada otak), dan keterlambatan di dalam berbicara atau berbahasa. Keterlambatan bicara dan bahasa tergantung dari beberapa penyebab, termasuk di dalamnya adalah faktor lingkungan atau gangguan pendengaran.

Pertama harus ditentukan terlebih dahulu penyebab keterlambatan bicara, misalnya :

  1. Gangguan pendengaran. Harus diberi bantuan alat dengar baru terapi wicara
  2. Keterlambatan fungsional. Dimana pola perkembangan kemampuan pemecahan masalah normal serta anak mengerti apa yang orang lain bicarakan. Umumnya karena kurang latihan, terlalu pasif, terlalu banyak bermain sendiri
  3. Gangguan organ mulut. Yang ini biasanya tidak terlambat, tetapi bicara dengan artikulasi kurang baik. Terapi wicara sangat baik
  4. Gangguan komunikasi sentral. Anak tidak mengerti apa yang dibicarakan, tidak dapat mengerti orang lain
  5. Retardasi mental
  6. Gangguan autistik/ autisme. Untuk gangguan autistik harus diperbaiki interaksinya dulu

Gangguan wicara pada anak adalah salah satu kelainan yang sering dialami oleh anak-anak dan terjadi pada 1 dari 12 anak atau 5 ? 8 % dari anak-anak presekolah. Hal ini mencakup gangguan berbicara (3%) dan gagap (1%). Dalam kasus anak anda, Abdurrahman sepertinya mengerti atau merespon ketika anda berbicara yang berarti kemungkinan dia tidak memiliki gangguan pendengaran yang menyebabkan gangguan keterlambatan bicara.

Faktor berikutnya yang berpengaruh adalah faktor lingkungan. Faktor lingkungan dimana anda saat ini berada di mesir yaitu suatu negara dengan bahasa yang berbeda dengan bahasa ibu anda dapat menyebabkan pajanan terhadap kata-kata dalam bahasa indonesia menjadi kurang. Anak anda hanya terpajan bahasa Indonesia ketika orangtuanya berbicara.

Dia tidak mendapatkan pajanan bahasa tersebut melalui lingkungan, televisi, radio, dan sekitarnya. Pajanan yang kurang dapat menjadi salah satu penyebab, apalagi apabila orangtua memang tidak memiliki cukup banyak waktu untuk bermain bersama anak dan mengajarinya secara telaten satu demi satu kata yang perlu diketahuinya. Seperti yang anda katakan bahwa anak anda dapat mengulang dengan baik kata 'Aisyah' dan 'Afnan' karena kalian sering mengulang kata tersebut.

Prinsip yang sebaiknya dipegang adalah keterlambatan bicara dapat ditoleransi apabila anak mengerti semua yang diucapkan padanya. Apabila anak tidak mengerti ucapan orang lain, anak cuek, tidak mau menatap mata orang, sulit menoleh ketika dipanggil, bicara bahasa yang tidak dimengerti sama sekali, dan hiperaktif maka segeralan dibawa ke dokter anak.

Apabila ini adalah keterlambatan bicara fungsional maka umumnya tidak memerlukan penanganan khusus, beberapa hal yang dalat dilakukan untuk membantu anak lebih cepat belajar bicara adalah :

  • bermain bersama sesering mungkin
  • berkomunikasi dengan cara yang anak bisa lakukan
  • beri respon terhadap suara yang anak keluarkan
  • apabila ada kata-kata yang mucul maka ajarkanlah anak artikulasi yang jelas, tunjukkan apa harus dia ucapkan. Contoh : ketika dia menunjuk bola, maka ucapkanlah padanya,"ini BOLA, BOOO-LAAA"
  • bersabar, dalam artian jangan terlalu terburu-buru ingin mendengar anak bicara
  • jangan ikut bicara bahasa anak, contoh : tetap ucapkan kata 'susu' dibandingkan dengan bahasa anak yaitu 'cucu'
Cara yang dapat membantu anak bicara adalah dengan stimulasi anak terus menerus. Maksudnya stimulasi di sini adalah sering mengajak anak bicara. Ajarkan anak perbendaharaan kata yang baru. Tunjukkan hal-hal yang baru. Ulangi kosa kata yang sudah pernah diajarkan. 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (MP)

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar