Sukses

Jerawat di Pantat

09 Feb 2015, 23:13 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok ingin nanya : klo ada benjolan di sekitar bawah (maaf) pantat / bokong bukan di dalem tapi di luar , benjolan ini seperti jerawat kecil tapi nggak begitu kecil , berwarna merah , dlu pernah pecah tapi muncul lagi di tempat yang sama , sudah mengalami 2 kali pecah tapi muncul lagi ditempat yang sama kira" apa ya dok ??

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Daerah bokong dan selangkangan merupakan bagian tubuh yang mudah lembab karena merupakan area bagian yang tertutup dan terlipat. Terdapat faktor yang mempengaruhi kelembaban di daerah tersebut seperti aktifitas fisik, kondisi tubuh yang sering berkeringat, berat badan, suhu lingkungan, dan jenis pakaian/celana dalam yang tidak menyerap keringat. Kulit yang lembab merupakan suasana yang baik untuk pertumbuhan kuman dan jamur.

Jerawat di bokong timbul karena adanya salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya kondisi ini dalam bahasa kedokteran disebut dengan furunkel, dan dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh. Penyembuhan jerawat tergantung ukuran dan keparahannya. Jika masih kecil, maka bisa digunakan salep antibiotik. Namun jika sudah besar membentuk abses maka harus diinsisi dan dikeluarkan nanahnya. Untuk mengobati suatu penyakit diperlukan pemeriksaan menyeluruh terlebih dahulu..

Berikut beberapa kiat yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kebersihan daerah bokong dan selakangan:

  • Bersihkan daerah selangkangan setiap hari dan kemudian dikeringkan dengan kain. Pakai celana dalam setelah area selangkangan kering
  • Ganti celana dalam setiap hari
  • Jangan menggunakan handuk bersama-sama dengan orang lain. Gunakan handuk bersih, cuci handuk sesering mungkin
  • Jangan menggunakan celana atau celana dalam yang terlalu ketat
  • Menurunkan berat badan. Seseorang dengan berat badan lebih memiliki risiko terkena infeksi jamur lebih tinggi
  • Segera mandi setelah melakukan aktifitas fisik dan membuat Anda banyak berkeringat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar