Sukses

Apakah Obat Alergi Membuat Ketergantungan

16 Feb 2015, 20:20 WIB
Wanita, 23 tahun.

dok, saya kan terkena alergi, alerginya itu kata dokter alergi pada suhu udara, saya tidak bisa kena udara dingin, yang saya alami kalo saya terkena angin dingin itu jadi batuk pilek dok. nah tp skrg semenjak saya berobat, saya diberi obat dok untuk penyembuhan alergi saya itu. saya mau nanya dok, apakah obat alergi yang saya minum itu akan membuat ketergantungan atau tidak ya dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.   Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka  sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan.

Seseorang dengan riwayat alergi tertentu dapat juga memiliki alergi terhadap beberapa hal. Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah dengan melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya. Ingat, obat-obatan yang Anda konsumsi hanyalah menghilangkan gejala yang timbul karena reaksi alergi, bukan menyembuhkan alergi.

Alergi dapat muncul karena faktor keturunan, lingkungan, ras, iklim, ketidakseimbangan susunan saraf otonom, dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan, delapan puluh tujuh persen anak yang mendapatkan serangan alergi sebelum umur 10 tahun, lahir dari orangtua yang keluarganya alergis. Bahkan, orangtua dengan riwayat alergi turut menularkan risiko anak terkena alergi sebesar 40-50%. Namun, risiko anak terkena alergi pun tetap ada. Bisa juga terjadi anak alergis padahal kedua orang tuanya tidak. Pada kasus-kasus tertentu, faktor seperti infeksi memegang peranan. Yang jelas, semua orang dapat menderita alergi.

Untuk itu, terapi utama dalam alergi adalah pencegahan, sedangkan obat-obatan hanya membantu dalam mengurangi gejala yang ada.

Kami sertakan artikel berjudul: Alergi, untuk informasi lengkap Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar