Sukses

USG Abdominal dan Transvaginal

23 Jan 2015, 00:51 WIB
Wanita, 24 tahun.

Apa bedanya USG di perut dengan USG "dari bawah"? Apakah benar USG dari bawah hanya untuk kasus2 tertentu? Apakah dinding perut yang tebal itu juga termasuk dalam kategori "kasus tertentu" sehingga harus dilakukan USG dari bawah Terima kasih

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Ultrasonografi adalah alat diagnostik atau skrining yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk memberikan gambaran dari organ di dalam tubuh seperti janin di dalam rahim ataupun beberapa organ lainnya. Gelombang yang dikirimkan melalui alat tersebut akan direfleksikan kembali dan dikirim dari sudut yang berbeda.

Pemeriksaan USG transvaginal (melalui vagina) merupakan pemeriksaan yang biasa dilakukan pada kehamilan. Pemeriksaan ini lebih baik daripada USG abdominal (melalui perut) pada awal-awal kehamilan (10 minggu), pada ibu dengan berat badan berlebih (obesitas), atau pada ibu hamil yang arah rahimnya ke belakang. Adanya kehamilan di luar rahim, ataupun abnormalitas pada janin juga dapat dilihat lebih jelas dengan pemeriksaan ini. Sedangkan pada triwulan kedua, USG transvaginal juga berperan dalam mendiagnosis anomali atau kelainan kongenital. Namun, pemeriksaan USG transvaginal ini tidak dimaksudkan untuk mengganti peran USG abdominal, melainkan sebagai suplemen atau tambahan yang sifatnya sebagai pelengkap. Jadi, jika dokter Anda tidak melakukan pemeriksaan ini, mungkin memang beliau merasa pemeriksaan dengan USG abdominal sudah cukup.

USG aman untuk janin pada usia berapapun juga. Apabila diperlukan, USG dapat dilakukan lebih dari satu kali di ketiga trimester tanpa ada efek samping. Namun tentu saja USG hanya dilakukan dengan indikasi tertentu. Tidak setiap pemeriksaan memerlukan tambahan USG. USG hanya dilakukan 1-2x di setiap trimester kecuali ada indikasi lain.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar