Sukses

Nyeri Akibat Ankylosing Spondylitis
27 Jan 2015, 07:28 WIB
Pria, 75 tahun.

pasien dengan hasil x-ray spondyloarthritis, kifosis, scoliosis tahun 2011. Diagnosa dokter: ankylosing spondylitis. 3 tahun kemudian tulang belakang nyeri. selain NSAID, apakah fisioterapi masih diperlukan untuk mengurangi nyeri?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah Anda sudah pernah memeriksakan diri kembali kepada dokter? Jika Ya rutin kontrol, Bagaimana hasil terkini dari kondisi Anda? Apa saja saran  yang diberikan oleh dokter?

Ankylosing spondylitis adalah bentuk peradangan kronis dari tulang belakang. Peradangan kronis pada area ini menyebabkan nyeri dan kekakuan dalam dan sekitar tulang belakang. Dengan berjalannya waktu, peradangan tulang belakang yang kronis atau spondylitis dapat menjurus pada suatu penyatuan dari vertebra-vertebra, proses yang dirujuk sebagai ankylosis. Ankylosis menjurus pada kehilangan mobilitas dari tulang belakang.

Perawatan ankylosing spondylitis melibatkan penggunaan dari obat-obat untuk mengurangi peradangan dan/atau menekan imunitas, terapi fisik/fisioterapi, dan latihan. Obat-obat mengurangi peradangan pada tulang belakang dan sendi-sendi tulang dan organ-organ lain. Sedangkan Terapi fisik dan latihan membantu memperbaiki postur, mobilitas spine, dan kapasitas paru-paru.

Untuk penanganan lebih lanjut, kami sarankan Anda kembali berkonsultasi dengan dokter yang merawat Anda karena baik pemakaian obat maupun fisioterapi ataupun terapi lainnya akan disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar