Sukses

Demam dan Lemas

10 Mar 2015, 15:22 WIB
Pria, 17 tahun.

Dokter, saya selama tigabhari ini lemas sekali. Awalnya memang flu/pilek, kemudian menjadi demam dan lemas. Hari yang ketiga ini hanya lemas, sy sudah periksa ke dokter, diberikan paracetamol dan vitamin. Namun saya masih lemas, saran dokter tersebut saya disuruh cek darah. Yang saya ingin tanyakan, saya dicirikan dlm pnyakit apa dan pola hidup apa yang harus saya rubah? Trima kasih dokter

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Demam merupakan suatu petanda adanya infeksi yang terjadi dalam tubuh. Infeksi tersebut bisa bersumber dari bagian tubuh mana saja. Pada kasus Anda kemungkinan adalah infeksi saluran nafas atas (ISPA) karena terdapat gejala flu atau pilek. ISPA pada umumnya disebabkan oleh virus. Virus tersebut dapat menyerang individu yang sedang dalam keadaan kekebalan tubuh yang lemah, misalnya disaat kondisi kurang istirahat, nutrisi tubuh tidak tercukupi, atau sedang menderita penyakit lain.

Pada umumnya ISPA akibat virus akan mulai memberikan gejala perbaikan setelah hari ketiga. Bila setelah itu gejala belum juga mereda, maka perlu dicari adanya kemungkinan infeksi sekunder oleh bakteri atau akibat infeksi lainnya. Untuk itu diperlukan pemeriksaan lebih lanjut, biasanya akan dilakukan pemeriksaan laboratorium darah untuk melihat ada tidaknya tanda-tanda infeksi dan kemana arah penyebabnya.

Untuk itu kami sarankan Anda mengikuti petunjuk dan saran  yang telah diberikan dokter anda, jika memang keluhan yang dirasakan tidak juga membaik. Saat ini, dalam masa penyembuhan, anda perlu berisitirahat yang cukup agar tubuh anda memiliki energi untuk penyembuhan. Selain itu perlu juga dilengkapi kebutuhan nutrisi tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi agar daya tahan tubuh Anda segera membaik.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar