Sukses

Lipoma Di Pelipis Mata

10 Mar 2015, 15:43 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok saya mau nanya, udah 5 hari ini mata saya terasa bengkak, merah dan kalau di kedipkan seperti kaku karna bengkak, di pelipis mata saya terdapat benjolan setelah periksa ke dokter bedah, dokter mengatakan itu lipoma, dan menyarankan untuk di operasi,sebenarnya benjolan saya ini sudah diketahui dari saya kelas dua sd sempat di scan juga tapi setelah tau tidak masalah pengobatan berhenti, yg saya tanyakan sebahaya apa lipoma di pelipis mata saya jika tidak di operasi? dan ada tidak pantangan makanan?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Lipoma adalah suatu tumor (benjolan) jinak yang berada dibawah kulit yang terdiri dari lemak. Biasanya lipoma dijumpai pada usia lanjut (40-60 tahun), namun juga dapat dijumpai pada anak-anak. Karena lipoma merupakan lemak, maka dapat muncul dimanapun pada tubuh ini. Jenis yang paling sering adalah yang berada lebih ke permukaan kulit (superficial). Biasanya lipoma berlokasi di kepala, leher, bahu, badan, punggung, atau lengan. Jenis yang lain adalah yang letaknya lebih dalam dari kulit seperti dalam otot, saraf, sendi, ataupun tendon.

Pada dasarnya lipoma tidak perlu dilakukan tindakan apapun, kecuali berkembang menjadi nyeri dan mengganggu pergerakan. Biasanya seseorang menjalani operasi bedah untuk alasan kosmetik. Operasi yang dijalani merupakan operasi kecil, yaitu dengan cara menyayat kulit diatasnya dan mengeluarkan lipoma yang ada. Namun hasil luka operasi yang ada akan sesuai dengan panjangnya sayatan. Cara lain non invasif yang dewasa ini dikembangkan sebagai terapi lipoma adalah Ultrasonografi. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar