Sukses

Dampak Minum Air Berlebihan

23 Jan 2015, 01:19 WIB
Pria, 21 tahun.

permisi dok, saya menemukan sebuah artikel. dimana dalam artikel tersebut tertulis "jangan minum air putih lebih dari 3 liter". apakah ada efek samping dari meminum air putih lebih dari 3 liter ? terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Air merupakan salah satu komponen terpenting dalam kehidupan. Kandungan air dalam tubuh manusia sekitar 2 / 3 atau sekitar 60% – 70% dari berat tubuh. Setiap hari Anda kehilangan air melalui pernafasan, keringat, urine dan feses. Agar tubuh Anda dapat berfungsi dengan baik, maka Anda harus mengganti cairan yang hilang tersebut dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung air. Oleh karena itu, penting sekali menjaga asupan cairan/air untuk menjaga agar tubuh tidak mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi dan organ-organ tubuh dapat bekerja secara optimal.

Kebutuhan air per hari untuk tiap-tiap orang berbeda bergantung pada kondisi-kondisi tertentu, yaitu aktivitas fisik, cuaca, diet, berat badan, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan. Konsumsi 8 gelas air/hari atau setara dengan 1,9 liter digeneralisasikan bagi orang dengan aktivitas fisik yang normal dan kondisi fisik yang sehat.

Mengkonsumsi air dalam jumlah yang sangat berlebihan memang kurang dianjurkan, karena dapat meningkatkan total volume darah sehingga dapat memperberat kerja jantung dan pembuluh darah. Konsumsi air dalam jumlah yang terlalu banyak juga dapat meningkatkan kerja ginjal dalam menyaring cairan yang masuk ke tubuh, karena kelebihan cairan yang dikonsumsi harus dibuang oleh tubuh melalui sistem filtrasi ginjal. Selain dua kondisi tersebut, konsumsi air yang berlebihan juga dapat menurunkan kadar natrium(garam) dalam darah sehingga dapat menunjukkan gejala seperti sakit kepala, kelelahan, mual, muntah, sering urinasi (buang air kecil) serta disorientasi mental. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan konsumsi air dan disesuaikan dengan kebutuhan serta pengeluaran. Minumlah air secukupnya saat Anda merasa haus, Anda juga dapat mengetahui kecukupan cairan yang Anda konsumsi dari warna air seni. Apabila air seni berwarna kuning cerah atau bening dan jumlahnya cukup banyak, berarti kebutuhan cairan Anda sudah terpenuhi. Sebaliknya, jika air seni Anda berwarna lebih gelap, pekat dan jumlahya sedikit berarti kebutuhan cairan tubuh belum terpenuhi. Namun, berbeda halnya dengan para penderita penyakit ginjal ataupun jantung yang harus membatasi jumlah cairan yang dikonsumsi sesuai dengan anjuran dokter yang menangani untuk mencegah pembebanan kerja organ-organ tersebut.

Berikut ini kami sertakan beberapa artikel yang dapat menambah informasi Anda :

Fakta dan Mitos Seputar Air Minum

6 Alasan Harus Cukup Minum Air Putih

Benarkah Kita Harus Minum Air 8 Gelas per Hari?

Minum Air Putih Dapat Berbahaya Bagi Bayi

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar