Sukses

Sering Sesak Nafas

10 Mar 2015, 17:24 WIB
Wanita, 55 tahun.

selamat siang dokter,salam sejahtera. saya bermaksud ingin menanyakan tentang kondisi ibu saya,ibu saya sering sesak nafas,apalagi jika di malam hari.sudah pernah kejadian 2 kali sampai harus di asapi di klinik. pertanyaan saya apa ibu saya cenderung punya penyakit asma? kemudian disaran kan menggunakan seretide diskus ,nah apa efeksamping dari obat itu jika digunakan terus menerus? kemudian apa ada obat herbal yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit asma? terimaskasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Asma adalah penyakit kronis (berlangsung lama) yang ditandai oleh sesak napas disertai bunyi ngik-ngik (mengi) dan/atau batuk persisten dimana derajat keparahan setiap orang berbeda-beda. Pada saat serangan yang terjadi adalah menyempitnya jalan napas kita akibat dari pengerutan bronkus yang menyebabkan udara sulit keluar masuk paru.

Penyebab dari asma belum sepenuhnya dimengerti. Namun faktor risiko yang dapat mencetuskan timbulnya asma adalah, alergen (zat yang menyebakan alergi), infeksi, cuaca, kegiatan jasmani dan iritan. Asma tidak dapat disembuhkan, namun dapat di kontrol dengan tata laksana yang tepat.

Beberapa zat atau bahan yang dapat mencetuskan timbulnya serangan adalah:

  • Benda-benda dalam ruangan (tungau debu rumah dalam kasur, karpet, dan perabotan kotor dan bulu binatang)
  • Benda-benda di luar ruangan (polusi, asap buangan pabrik)
  • Asap rokok
  • Refluks gastroesofagus (sering muntah)
  • Udara dingin, emosi yang berlebihan seperti marah atau ketakutan dan olahraga juga dapat mencetuskan serangan asma. Bahkan beberapa obat seperti aspirin dan obat anti inflamasi lainnya dan beta bloker juga dapat mencetuskan serangan.

Sebelumnya perlu dipastikan terlebih dahulu apakah sesak yang ibu Anda alami adalah akibat penyakit asma atau bukan. Oleh karena itu kami anjurkan agar ibu anda terlebih dahulu diperiksa oleh dokter secara langsung.

Berikut, kami sertakan artikel 18 Cara Cegah Asma Kambuh, Pengetahuan Praktis Tentang Asma, dan Terlalu Sering Pakai Inhaler Memperparah Asma.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar