Sukses

Perban Luka Tidak Diganti

10 Mar 2015, 17:28 WIB
Wanita, 14 tahun.

Hai dok? Assalammualaikum. Dok hari minggu kemari tangan sayakan baru dijahit, seninnya langsung kontrol (Perbannya diganti) dan kamisnya itu disuruh kontrol lagi. Dokter katanya itu perbannya gak usah diganti dan digantinya langsung hari kamis waktu kontrol itu. Pertanyaan: Dok itukan perbannya katanya gak usah diganti sampai hari kamis, padahal kan udah banyak darahnya apakah nanti jahitannya itu gak rusak? gak busuk? gak bau? Sekian terima kasih. Wassalam :)

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Setiap dokter tentunya memiliki pertimbangan sendiri terhadap anjuran terapi yang diberikannya. Pada umumnya memang bila perban luka sudah kotor sebaiknya segera diganti. Namun terkadang dapat juga dibiarkan karena ditakutkan ketika perban tersebut diangkat, maka luka yang baru saja menutup dan terlindungi oleh bekuan darah pada kasa menjadi terbuka kembali pada saat kasa perban dibuka.

Ada baiknya anda menanyakan kejelasan kondisi ini kepada dokter Anda secara langsung. Namun selama luka anda tetap dijaga kering dan terhinda dari debu atau kotoran lainnya, maka resiko infeksi dapat dihindari.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar