Sukses

Penggunaan KB dan Resiko Terkena Penyakit

10 Mar 2015, 18:06 WIB
Pria, 27 tahun.

APAKAH PENGGUANAAN KB (SUNTIK, PIL, SPIRAL) ITU BERBAHAYA UNTUK WANITA, SEPERTI KANKER RAHIM DAN PENYAKIT LAINNYA. TERIMAKASIH....

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Penting untuk diperhatikan bahwa wanita yang menggunakan kontrasepsi hormonal memperlihatkan adanya peningkatan risiko kanker payudara, dibandingkan mereka yang tidak menggunakan. Namun kejadian kanker tidak hanya semata-mata disebabkan oleh penggunaan KB. Banyak faktor lainnya yang berpengaruh- obesitas, usia menstruasi yang terlalu dini, riwayat kelainan pada payudara, riwayat kanker payudara dalam keluarga, tidak aktif secara fisik.

Jika Anda memiliki riwayat kanker payudara dalam keluarga, sebaiknya ganti jenis KB dengan yang tidak mengandung hormonal, seperti misalnya AKDR (alat kontrasepsi dalam rahim) dengan kandungan tembaga.  Meskipun begitu, risiko harus selalu ditimbang terhadap keuntungan dari kontrasepsi, dimana juga dapat terjadi penurunan risiko kanker ovarium dan endometrium. Sebaiknya Anda lakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) secara rutin, atau mammografi (atas indikasi) dan bila saat usia Anda sudah mencapai 35 tahun, lakukan mammografi setiap tahun selama 5 tahun pertama dan selanjutnya setiap 2 tahun kemudian 3 tahun sekali. Selalu diskusikan untung dan rugi dengan dokter Anda selama penggunaan KB.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar