Sukses

Keluar Flek Kental Kecoklatan

27 Jan 2015, 00:01 WIB
Wanita, 30 tahun.

dok saya sebulan yg lalu menstruasi selama 5 hari dgn hari 1-3 darahnya banyak sekali.tp selang seminggu tiba2 ada flek..saya pikir biasa saja..tp setelah 3 hari darahnya smkn banyak (menetes)bkn spt mens saya yg biasanya,kental kecoklatan dan agak lengket seperti keputihan.. agak hitam.pinggang jg pegal nyeri ngk nyaman dan bikin kaki gelisah.bahaya g ya dok..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Bercak darah yang Anda maksudkan kami asumsikan merupakan flek-flek yang muncul yang bisa jadi merupakan sisa dari darah menstruasi.

Warna flek-flek berkisar dari merah, coklat, hingga kehitaman. Flek-flek berwarna kecoklatan yang keluar lewat vagina dapat saja masih normal karena sisa dari menstruasi. Untuk menghilangkannya hanya perlu menunggu waktu, karena bila benar flek-flek tersebut merupakan sisa darah menstruasi, maka flek tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Perhatikan apakah saat ini masih ada flek yang muncul. Bila tetap ada, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Jika masih dalam batas kewajaran, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika banyak, terjadi cukup sering dan dalam waktu lama, mungkin telah terjadi perdarahan diluar siklus haid. Perdarahan di luar waktu normal siklus haid disebut dengan metroragi. 

Pada wanita usia muda, metroragi memang umumnya disebabkan oleh gangguan hormonal. Penyebab metroragi lainnya diantaranya adalah :

  • Dysfunctional uterine bleeding
  • Endometriosis, adenomyosis
  • Kehamilan ektopik
  • Hiperplasia endometrial
  • Polip
  • Penggunaan kontrasepsi
  • Kanker leher rahim
  • Pelvic inflammatory disease

Untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan sehingga bisa mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar