Sukses

Endometriosis dan Lutenyl

05 Mar 2015, 18:36 WIB
Wanita, 30 tahun.

Siang dok..setiap datang bulan saya merasakan nyeri hebat. bulan agustus kemarin saya k dokter SpOG di diagnosa dismeniora. bulan oktober periksa lg k SpOG di diagnosa endometriosis. trus saya di suruh minum obat lutenyl 1x1 selama 10 hari pada hari k 15 menstruasi. Lha bln november ini jg masih harus minum obat lutenyl 1x1 selama 10 hari jg sampe bln desember. Yang ingin saya tnyakan apa manfaat obat lutenyl?? apa obat tsb bisa menyembuhkan penyakit endometriosis yg saya alami. saya sudah menikah 9 bulan tapi belum hamil jg. terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Endometriosis adalah pertumbuhan  kelenjar endometrium dan stroma yang berasal dari rahim. Pada endometriosis, lapisan yang menyerupai endometrium tumbuh dan ditemukan di luar rahim. Penyebab pasti endometriosis masih belum diketahui. Beberapa teori mengemukakan kaitan antara endometriosis dengan masalah imunologik (kekebalan tubuh) serta faktor genetik (keturunan). Tidak ada makanan atau minuman yang berpengaruh terhadap pertumbuhan endometriosis, karena itu tidak ada pantangan bagi makanan. 

Rasa sakit yang timbul setiap kali datang bulan sering dialami oleh banyak wanita. Rasa sakit ini biasanya dirasakan di perut bagian bawah yang timbul setiap hari ke-1 hingga hari ke-3 dari siklus menstruasi. Rasa nyeri yang diarasakan oleh setiap wanita berbeda beda, dapat berupa nyeri ringan maupun berat hingga mengganggu aktivitas sehari hari. Bagaimana dengan Anda?

Jika nyeri yang dirasakan sangat berat dan mengganggu aktivitas sehari hari dikenal dengan nama dismenorea. Terdapat dua jenis dismenore, yaitu :

  • Dismenorea primer : dismenore tipe ini timbul sejak haid pertama dan akan pulih sendiri dengan berjalannya waktu dengan lebih stabilnya hormon tubuh . Nyeri haid ini adalah normal, dan tidak membahayakan kesehatan. Dismenorea ini terjadi murni karena kontraksi otot rahim saat menstruasi akibat dari hormon prostaglandin

  • Dismenorea sekunder : biasanya baru timbul di kemudian hari setelah menstruasi pertama. Berlangsunglebih dari 3 hingga 4 hari dan disertai mual, muntah atau bahkan diare. Dismenore ini dapat disebabkan oleh beberapa panyakit/kelainan penyebab, antara lain : kelainan atau penyakit seperti infeksi rahim, kista atau polip, tumor sekitar kandungan,dll.

Kesuksesan terapi operasi pada penderita kista endometriosis dalam mengembalikan kesuburan tergantung pada keparahan penyakitnya. Pada penderita endometriosis ringan, terdapat kemungkinan hamil sebesar 75% dalam 1 tahun pertama setelah dilakukan operasi. Sementara kemungkinan untuk hamil akan menurun menjadi  60% pada penderita endometriosis yang sedang dan menjadi 35% pada penderita endometriosis yang berat.

Pemberian terapi hormonal dapat digunakan untuk mencegah kekambuhan endometriosis, dengan demikian akan meningkatkan kemungkinan anda untuk mendapatkan keturunan. Anda dapat mengkonsultasikan mengenai penggunaan obat ini dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda. Selain itu, ubahlah pola hidup anda menjadi lebih sehat dengan membiasakan diri untuk hidup teratur dan selalu mengkonsumsi makanan bergizi seimbang.  Tidak ada pantangan makanan tertentu, yang penting mengkonsumsi makanan sehat. Hindarilah pikiran-pikiran buruk dan cemas yang berlebihan (stres), karena stres dapat memicu timbulnya gangguan hormonal yang akan mempersulit anda untuk mendapatkan keturunan. Dengan melakukan hal-hal diatas diharapkan dapat membantu Anda untuk mendapatkan keturunan.

Lutenyl sendiri mengandung turunan hormon progesteron dan dapat diberikan sebagai terapi hormon pada penderita yang hampir menopause bersamaan dengan terapi estrogen, perdarahan yang fungsional (functional uterine bleeding), perdarahan pada fibroma, dan endometriosis. Jadi, lutenyl dapat diberikan pada siklus mens yang tidak teratur, entah itu maju ataupun mundur. Namun, tetap perlu dicari tahu apa yang menjadi penyebab ketidakteraturan mens Anda. 

Lama konsumsi obat umumnya selama 10 hari pada satu siklus menstruasi, selama 3 siklus menstruasi. Tanda ketidakseimbangan hormonal sudah teratasi adalah teraturnya kembali siklus menstruasi. Untuk penjelasan yang lebih lengkap, tanyakanlah ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang menangani Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar