Sukses

Kanker Kolon

30 Dec 2014, 09:54 WIB
Pria, 22 tahun.

nama saya topan,, saya kanker kolon,, dokter,mohon bantuannya, pengobatan apa yang harus sya lakukan

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kanker kolon merupakan kanker yang mengenai usus besar (kolon). Kanker yang terletak pada usus besar ini dapat bertumbuh terus membesar sehingga menutupi usus besar dan menghambat jalannya aliran usus, sehingga terkadang keluhannya adalah BAB berdarah atau tidak dapat BAB, BAB dengan lendir serta diiringi penurunan berat badan yang signifikan. 

Lendir pada faeces adalah indikasi jelas keadaan karsinoma (kanker) yang terdapat di usus besar (kolon). Sebagai contoh, jika kanker terjadi di usus halus, maka tidak akan ditemukan lendir pada tinja. Karena lendir hanya dihasilkan oleh kolon.

Namun faeces yang dicurigai berlendir tersebut perlu diperiksakan kembali untuk dipastikan apakah terdapat darah atau tidak. Karena eksistensi darah dapat tersamarkan dengan penglihatan kasat mata, dan baru diketahui dibawah pengamat mikroskop.

Solusi terbaik untuk mengantisipasi kanker adalah penanganan dini. Dimana pada stadium sedini mungkin, kanker diatasi secara optimal dan baik.

Untuk itulah adakan kunjungan rutin untuk memeriksakan perkembangan yang ada kepada dokter terkait. Lampirkan pula hasil lab dari pemeriksaan tinja Anda sebagai referensi dokter Anda.

Sedikit informasi, untuk penanganan adalah dengan jalan operasi yaitu melakukan pengangkatan bagian usus yang terkena kanker agar tidak menghambat aliran usus dan juga tidak semakin menyebar ke organ tubuh lain. Setelah dioperasi, bergantung pada stadium maka dapat disertai dengan pengobatan kemoterapi untuk mengatasi penyebaran sel kanker ke kelenjar getah bening. Bila ukuran sel kanker telah sedemikian besar maka sebelum operasi dapat dilakukan radiasi terlebih dahulu untuk mengecilkan ukuran massa tumor sehingga lebih mudah untuk dioperasi.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar