Sukses

Konsumsi Alkohol Saat Menyusui

10 Mar 2015, 21:15 WIB
Wanita, 25 tahun.

Konsumsi 20ml alkohol 40% apakah berdampak terhadap ASI? Tq

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Alkohol memiliki dampak yang kurang baik terhadap tubuh manusia, apalagi pada ibu yang menyusui. Bayi yang mengkonsumsi ASI dari ibu yang mengkonsumsi alkohol dapat mengalami masalah perkembangan motoric pada saat menginjak usia satu tahun.

Selain itu, konsumsi alkohol oleh ibu yang tengah menyusui akan berdampak langsung kepada bayi tersebut.

Meski hanya dalam jumlah yang sangat kecil, namun liver bayi masih belum bisa untuk mencerna alkohol seperti halnya liver orang dewasa. Bahkan, bayi yang berusia tiga bulan saja baru bisa mencerna 20 persen dari jumlah alkohol yang bisa dicerna oleh orang dewasa.

Jika seorang ibu mengkonsumsi alkohol pada saat menyusui, maka akan terjadi perubahan sikap yang ditunjukkan oleh bayi tersebut. Mereka akan cenderung lekas tertidur sesaat setelah menyusu. Selain itu, bayi tidak akan bisa tidur dengan nyenyak. Periode tidur bayi akan lebih pendek dari biasanya.

Untuk itu, kami menyarankan agar ibu yang tengah menyusui menghindari konsumsi alkohol. Jika memang sangat terpaksa tidak bisa menghindari alkohol, maka ibu diharapkan untuk bersabar hingga usia bayi mereka mencapai tiga bulan pada saat liver sudah bisa mencerna sebagian kecil dari alkohol tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar