Sukses

Luka Bernanah

24 Feb 2015, 21:57 WIB
Pria, 20 tahun.

dok,sekitar 4 minggu yg lalu saya kecelakaan n luka ringan d tangan n kaki.tetapi luka d tangan blum juga sembuh sedangkan d kaki sudah lama sembuh. Luka d tangan saya mengeluarkan cairan brwarna kuning keputihan seperti nanah. Memang dulu sempat kering n gatal lukanya.tanpa sadar saya garuk d bagian lukanya.. Apa itu krn saya garuk atau krn hal lain dok.? Soalnya org d sekitar saya banyak mengatakan kalau luka lama atau gak sembuh2 itu tanda kalau ada penyakit diabetes.. Mohon penjelasannya dok. Soalnya saya takut kena diabetes.. Trima kasih..

Terima kaish atas pertanyaan Anda

Sebelumnya ada beberapa informasi yang kami butuhkan. Apa pemicu luka pada kaki Anda? Apakah Anda memiliki riwayat alergi, diabetes, atau penyakit lainnya? Bagaimana karakteristik benjolannya: ukuran, warna, nyeri tekan, konsistensi, jumlah. 

Jika luka tersebut bernanah, maka sudah terjadi infeksi. Obat yang Anda konsumsi terdiri antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab infeksi, parasetamol untuk antinyeri dan anti demam, bufachryl untuk anti peradangan. Anda dapat terus melanjutkan obat tersebut, harus diminum tepat waktu sesuai anjuran dokter. Jika Anda minum tidak teratur, maka kuman penyebab infeksi dapat menjadi kebal terhadap obat, sehingga pengobatan akan semakin sulit dan lama. Selain itu konsumsilah makanan tinggi protein (putih telur, ikan, dll) dan vitamin C. Perawatan luka juga mempengaruhi proses penyembuhan, jika terdapat nanah/abses, sebaiknya dilakukan insisi untuk mengeluarkan nanah/abses tersebut untuk mempercepat penyembuhan. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar