Sukses

Menajaga Kesehatan Rambut Bayi

05 Nov 2014, 15:12 WIB
Wanita, 33 tahun.

ASSALAMUALAIKM,,,, dok saya mmunyai bayi 3 bulan,, semenjak di gundulin rambutnya ,,lama lagi tumbuhnya,,, yang ingin saya tanyakan,,obat atau ramuan alami apa untuk menumbuhkan rambut bayi supaya rambutnya hitam dan banyk juga sehat.. terimakasih atas jawabannya..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Berapa usia si kecil saat ini? Lebat atau tipisnya rambut si kecil bergantung dari faktor genetik. Jika orang tua memiliki rambut tipis maka kemungkinan si kecil akan memiliki rambut tipis juga. Namun selain itu pertumbuhan rambut si kecil juga dipengaruhi oeh asupan gizi dan nutrisi serta faktor hormon dan lingkungan. 

Perlu diketahui bahwa pertumbuhan rambut normal berlangsung selama 2-6 tahun. Masing-masing rambut tumbuh sebanyak 1 cm/bulan dalam fase ini. Sekitar 90% dari rambut di kepala tumbuh setiap saat, 10% sisanya dalam fase istirahat. Setelah 2-3 bulan, rambut yang berada dalam fase istirahat rontok dan rambut baru mulai tumbuh pada tempat yang sama. 

Pada bayi saat awal lahir hingga usia sekitar 3 bulan, rambut yang berada di kepala bayi cenderung lebih halus dan tipis hal itu disebabkan karena rambut tersebut hanyalah rambut sementara. Rambut sementara akan rontok dan digantikan dengan rambut asli yang bisa saja berbeda tekstur dengan rambut awal.

Kekurangan gizi seperti protein dapat menyebabkan rambut bayi mudah rontok, tidak tumbuh sempurna dan berwarna seperti jagung. Faktor lingkungan seperti pajanan asap rokok, sinar matahari dan kebersihan juga mempengaruhi pertumbuhan rambut si kecil.

Berikut adalah beberapa kiat untuk menjaga rambut si kecil:

 

  • Gunakan shampo sesuai dengan jenis rambut bayi. Gunakanlah shampo khusus bayi. Bilas hingga bersih menggunakan air bersuhu kamar

  • Banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi (bila masih ASI ekslusif, sang Ibu yang harus meningkatkan asupan makanan ini agar kebutuhan si kecil terpenuhi)

  • Hindari pajanan asap rokok

  • Hindari pemakaian bahan - bahan kimia di rambut si kecil karena kondisi kepala si kecil amat rentan terhadap alergi

  • Hindari penggunaan karet rambut yang terlalu kencang (bila raambut si kecil sudah bisa diikat) 

  • Belum ada penelitian mengenai penggunaan bahan alami seperti kemiri (untuk menghitamkan rambut) dan lidah buaya (melebatkan rambut) pada bayi hingga saat ini, sehingga pemberian bahan tersebut meskipun alami harus tetap berhati-hati karena kulit bayi masih sangat sensitif sehingga mudah iritasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar