Sukses

Pilek dan Bersin Berkepanjangan

19 Feb 2015, 15:38 WIB
Pria, 34 tahun.

Dokter, saya pilek di sertai bersin-bersin sudah berbulan-bulan namun tidak kunjung sembuh. Sudah pernah ke dokter, di kasih obat hanya sembuh satu bulan, kemudian kambuh lagi. Pernah minum vitamin C (YOU.C1000), sembuh juga, tetapi kambuh lagi setelah saya berhenti minum vitamin C. Saya sakit apa ya dok?

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Penyebab pilek dan hidung tersumbat banyak sekali, mulai dari reaksi alergi, hingga infeksi. Kami akan menjelaskan tentang keluhan bersin yang sering Anda rasakan. Sering pilek yang berkepanjangan dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah alergi. Alergi dapat disebabkan oleh banyak hal, dimana untuk mengetahuinya diperlukan pemeriksaan khusus atau prick test pada kulit.

Pada pilek akibat alergi (rhinitis alergi), pilek terutama dipicu oleh hal-hal yang membuat kita alergi. Terapi yang dapat dilakukan antara lain :

  • Dengan menghindari kontak dengan allergen penyebab, dalam kasus anda berarti udara dingin di pagi hari dan debu sebagai pencetus terjadinya alergi. Anda dapat menggunakan baju hangat ketika tidur, jangan menggunakan kipas angin/AC, memakai selimut untuk tidur, hindari paparan debu.
  • Pengobatan, dengan menggunakan obat anti alergi golongan antihistamin H-1, yaitu obat yang sering dipakai sebagai lini pertama dalam pengobatan rhinitis alergi atau dengan kombinasi dekongestan oral. Obat golongan kortikosteroid dipilih jika tidak berhasil diatasi oleh obat lain.

Pemberian obat-obatan dalam mengobati rhinitis alergi sebaiknya selalu berada di bawah pantauan dokter untuk menghindari efek samping yang dapat ditimbulkan akibat penggunaan obat yang tidak sesuai. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai penyakit ini, anda dapat membaca artikel kami yang berjudul : Rinitis Alergi.

Penyakit lain adalah sinusitis, pada kondisi sinusitis terjadi pilek yang berwarna hijau yang tidak sembuh-sembuh, disertai nyeri kepala, terkadang bau mulut, serta nyeri pada daerah-daerah sinus (rongga wajah di daerah pipi dan dahi) bila ditekan. Pilek akibat sinusitis memerlukan beberapa pemeriksaan seperti foto tongga sinus. Pengobatannya adalah dengan pemberian antibiotik yang cukup lama, mengencerkan dahak serta terkadang dilakukan uap dan pemanasan pada wajah. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai penyakit ini, anda dapat membaca artikel kami yang berjudul 

Kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter THT untuk memastikan apakah benar 
Anda mengalami rinitis alergi dan untuk mendapatkan terapi yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar