Sukses

Infeksi & Robekan Kecil Pada Gendang Telinga

05 Nov 2014, 10:10 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok, telinga sy hari minggu tb2 nyeri dan ketika berbaring pada malamnya sangat nyeri. pada hr selasa, tiba2 telinga sy mengeluarkan cairan. Sy periksa ke r. THT dan didiagnosa telinga sy terkena infeksi dan gendang telinga saya robek kecil. lalu sy diresepkan Ofloxacin, antibiotik, dan fexofe. Ternyata ofloxacin nya berbentuk cairan. Apa tidak bertentangan dok? krn sy dilarang berenang dan telinga sy tidak boleh kemasukan air. Ttpi ttp sy gunakan, telinga sy terasa tertutup seperti ada angin di dalamnya. Pendengaran sy terganggu, dan nyeri nya ttp ada. 1. Apa cr sy salah ketika meneteskan obat telinga? 2. Apa ada saran posisi berbaring yg baik, krn terasa nyeri seklai dok? 3. Apa ada harapan sembuh dan apa hal terburuk yg bs terjadi? 4. Apa penyebab nya dok? krn ini terjadi terlalu tiba2 dan sy bingung dan jujur saya jadi drop. Trims Dok.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Berdasarkan informasi yang Anda berikan, Anda mengalami OMSK (Otitis Media Supuratif Kronik). OMSK adalah infeksi kronik di telinga tengah dengan perforasi membran timpani dan sekret yang keluar dari telinga tengah terus-menerus atau hilang timbul. Sekret dapat encer atau kental, bening atau berupa nanah. 

Penyakit ini perlu segera ditangani dengan adekuat. Bila masih keluar cairan terus menerus maka perlu dilakukan pencucian telinga dan diberikan obat tetes telinga dan antibiotik minum. Sumber infeksi yang menyebabkan terjadinya OMSK harus terlebih dahulu ditangani dengan baik. Setelah cairan/sekret kering baru kemudian dapat dilakukan operasi miringoplasti atau timpanoplasti. Operasi ini bertujuan untuk mengehentikan infeksi secara permanen, memperbaiki membran timpani (gendang telinga) yang pecah/berlubang, memperbaiki pendengaran dan mencegah terjadinya kerusakan pendengaran yang lebih berat. Untuk kerusakan gendang telinga yang lebih ringan biasanya dikerjakan miringoplasti yang hanya memperbaiki gendang telinga saja. Sedangkan untuk kerusakan yang lebih berat perlu dilakukan operasi timpanoplasti yang juga dilakukan pada tulang-tulang pendengaran, dan tidak jarang perlu dilakukan beberapa tahap operasi. 

Kami sarankan, Anda tetap menggunakan obat dan mengikuti instruksi dokter spesialis THT yang menangani Anda serta melakukan kontrol kembali ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan terhadap derajat kerusakan gendang telinga yang saat ini terjadi pada telinga Anda dan juga untuk menuntaskan infeksi yang mungkin masih terjadi pada telinga Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar