Sukses

Mudah Lelah & Sering Lupa

05 Nov 2014, 09:07 WIB
Pria, 26 tahun.

Mau tanya dok, Sya seorang pegawai swasta.. Sya mempunyai keluhan yakni : sya sangat mudah kelelahan (biasa saya berlari 100 m dan sya sangat kesulitan untuk bernafas) dan daya ingat saya menurun (sering Lupa).. Saya sangat jarang berolahraga dan saya mempunyai kebiasaan minum air es (dingin) apa kh kebiasaan sya itu mempengaruhi hal diatas??? apa yg harus saya lakukan dok???

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sejak kapan Anda mengeluhkan sesak bila beraktifitas? Apakah disertai keluhan lain seperti tidur dengan bantal tinggi? sering terbangun malam hari karena sesak? Bagaimana dengan pola tidur Anda selama ini? Perasaan mudah lelah dan mengantuk merupakan keluhan yang sifatnya sangat umum dan dapat diakibatkan oleh banyak hal. Dapat karena asupan makanan yang kurang atau terlambat makan, aktivitas berlebihan, olahraga yang kurang, kurang istirahat atau jam tidur tidak mencukupi, kondisi infeksi, penyakit jantung, anemia, gangguan hormon, ataupun tekanan darah rendah. Perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu baru dapat mengetahui apa yang harus dilakukan. Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter di dokter terdekat untuk diperiksa lebih jauh.

Sementara itu, Anda dapat mencoba istirahat yang cukup, makan teratur dengan menu gizi seimbang, banyak minum air putih, dan berolahraga teratur (minimal 3x per minggu).

Apabila hasil pemeriksaan kesehatan Anda normal, maka mungkin penyebabnya adalah karena Anda belum menjalani pola hidup sehat. Jalani pola hidup sehat dengan melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Makan secara teratur, dengan frekuensi sering dan porsi kecil-kecil
  • Jangan langsung tidur setelah makan malam
  • Hindari rokok dan alkohol serta minuman bersoda lainnya
  • Hindari stres
  • Tidur cukup 7-8 jam/hari
  • Olahraga teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama 30 menit.

Untuk informasi lengkap Anda, kami sertakan juga artikel:

9 Cara Mengatasi Lemas-Lemas.

Sering Lemas? Waspadai Kurang Darah

Sering lupa merupakan gejala yang umum, bisa saja keluhan Anda tidak memiliki landasan kelainan yang mengkhawatirkan namun bisa menjadi pertanda adanya suatu penyakit. Jika keluhan lupa ini begitu parah, misal sampai anda lupa kejadian yang baru saja Anda alami, saya menyarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan ahli saraf atau neurolog. 

Penyakit lupa memang ada, didalam istilah medis kita sebut dengan alzheimer, namun penyakit ini lazimnya diderita oleh orang tua bukan anak muda seperti Anda. Sementara ini, coba latih otak anda tetap aktif dan coba menulis kegiatan Anda dalam buku harian (diary) untuk membantu Anda dalam mengingat masalah, sehingga Anda tidak melupakan hal-hal penting.

Jika keluhan lupa yang Anda alami disertai dengan gangguan pendengaran dan gangguan motorik (sering menjatuhkan barang), kami khawatir ada kelainan pada persyarafan atau pembuluh darah otak. Sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Berikut kami lampirkan artikel:

Secara garis besar, kemungkinan penyebab keluhan mudah lelah dan daya ingat menurun yang Anda keluhkan dapat disebabkan oleh gaya hidup yang kurang baik, kurang tidur dan istirahat dapat membuat Anda merasa lelah di siang hari dan mengantuk akibat kurangnya asupan oksigen ke otak, hal tersebut dapat menurunkan kualitas hidup. Oleh sebab itu, kami sarankan Anda untuk menjalani pola hidup sehat seperti yang sudah dipaparkan di atas. Anda juga dapat mengikuti tips di artikel Cara Menyeimbangkan Kerja & Hidup .

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar