Sukses

Nyeri Kaki dan Nyeri Ulu Hati

29 Jan 2015, 18:43 WIB
Wanita, 17 tahun.

Saya merasakan nery pada otot dan kaki, terkadang jari, lalu diikuti dengan sakitnya uluhati, kenapa yaa dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Namun pertama-tama ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan seperti: apakah ada keluhan lain seperti kesemutan, baal dan lain sebagainya? Apakah nyeri dirasakan tiba-tiba atau selama ini perlahan-lahan memberat? Apakah ada penjalaran nyeri? Jika ada kemana penjalarannya? Kapan saja keluhan dirasa bertambah atau berkurang? Apakah ada keluhan lain seperti demam? Adakah riwayat trauma/terbentur atau jatuh? Apakah Anda memiliki riwayat asam urat atau rematik?

Salah satu kemungkinan penyakit yang diderita oleh Anda adalah gangguan otot, namun untuk mengetahui suatu diagnosa penyakit dibutuhkan anamnesa menyeluruh,pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang sekiranya diperlukan. Namun kami rasa tidak ada hubungannya dengan keputihan yang pernah Anda derita, karena merupakan kedua hal yang berbeda. Oleh karena itu kami sarankan anda memeriksakan kakak anda ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui penyebab dari keluhan yang dirasakan saat ini dan mendapatkan pengobatan yang sekiranya diperlukan.

Untuk nyeri ulu hati Anda, kemungkinan merupakan gejala maag. Gejala sakit maag itu bervariasi, beberapa gejala sakit maag adalah nyeri pada perut (ulu hati, perut kiri atau tengah dapat menyebar ke dada atau ke punggung), mual, muntah, nyeri kepala (kepala berputar atau nyeri kepala seperti melayang), hingga lemas, sulit makan, penurunan berat badan. 

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah: 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)

  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 

  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 

  4. Jangan terlambat makan 

  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 

  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu. 

Anda juga dapat membaca artikel kami berjudul :

6 Makanan Perparah Maag

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar