Sukses

Anak Muntah Setelah Makan Bubur

22 Feb 2015, 21:35 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dokter,anak saya berumur 6 bulan. Sekarang sudah mulai saya kenalkan dengan makanan pendamping asi. Dan saya memberinya bubur instan rasaayam sayur krn anak saya memiliki riwayat alergi susu sapi dan makanan tertentu. Setelah saya memberikan bubur tsb selang beberapa menit anak saya muntah2 dok,yg saya tanyakan apakah muntah tsb berhubungan dg alerginya?dan makanan apa saja yg dpt diberikan utk penderita alergi spt anak saya dok?terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Kondisi yang anda utarakan memang dapat berkaitan dengan alergi yang dimiliki anak anda, namun dapat juga tidak berkaitan. Untuk meyakinkannya, dibutuhkan informasi lebih lanjut dari wawancara medis, pemeriksaan fisik ataupun penunjang pada anak Anda. Untuk itu, akan lebih baik jika anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis anak Anda.

Jika memang kemungkinan alergi sudah dapat disingkirkan, Pemberian MPASI pada anak dapat dilakukan secara bertahap. Dimulai dari yang paling halus sampai dengan pengenalan makanan padat seperti nasi atau biskuit. Anak mulai diberikan MPASI seharusnya pada usia 7 bulan karena disarankan memberikan ASI eksklusif sampai dengan anak berusia 6 bulan. MPASI yang pertama kali diberikan umumnya disarankan bubur susu serta buah. Apabila anak sudah beradaptasi maka mulailah memperkenalkan nasi tim saring yang dilanjutkan nasi tim yang dihaluskan.

Tidak ada batasan bagi anak untuk diberikan bubur instant. Namun pengenalan makanan lain tetap diperlukan. Pengenalan MPASI yang lain berguna untuk melatih perkembangan gigi, meningkatkan nutrisi, dan memperkenalkan jenis makanan. Bubur susu saja tidak akan dapat memenuhi kebutuhan gizinya di masa depan.

Pengenalan makanan pada anak memang butuh kesabaran. Terkadang butuh sampai beberapa kali pemberian baru anak mau menerima. Janganlah putus asa dan teruslah mencoba memperkenalkan MPASI yang lain pada anak. Rajinlah untuk memvariasikan rasa makanan atau nasi tim yang Anda buat sampai anak benar-benar mau menerima.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar