Sukses

Jantung Seperti Tertusuk Jarum dan Berdebar

22 Jan 2015, 03:09 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok saya mau tanya, kadangkala saya selalu merasa jantung serasa ditusuk jarum, lalu berdebar" kenapa ya. Makasih.

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Apakah yang Anda maksud dengan jantung sepert tertusuk jarum adalah nyeri dada yang seperti tertusul? Apakah yang Anda rasakan adalah debaran jantung yang tidak normal (terasa lebih kencang dan keras, apakah terasa lebih cepat, tidak teratur). Adakah keluhan lain seperti sesak, kaki bengkak, keluar keringat dingin atau badan yang terasa lemas? Sejak kapan keluhan tersebut dirasakan? Apakah ada kondisi-kondisi tertentu dimana keluhan ini timbul, seperti saat kelelahan atau sedang marah?

Data-data tersebut perlu diketahui karena keluhan tersebut bukanlah keluhan spesifik yang menunjukkan suatu penyakit tertentu.  Keluhan jantung yang berdetak kencang dapat disebabkan oleh berbagai penyebab mulai dari yang ringan yaitu karena aktivitas fisik yang berat,  faktor psikis seperti emosi, hingga masalah atau penyakit yang lebih serius seperti gangguan pada jantung. Walaupun keluhan yang Anda rasakan dapat merupakan suatu pertanda gangguan pada organ jantung, namun saat ini masih terlalu dini untuk mengatakan bahwa Anda mungkin mengalami masalah pada pembuluh darah jantung ataupun masalah ritme pada jantung, mengingat terbatasnya data yang Anda berikan serta keterbatasan layanan konsultasi kami untuk dapat melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Untuk memastikan penyebab keluhan yang Anda rasakan, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter Anda. Karena untuk memastikan apakah terdapat kelainan pada jantung memerlukan pemeriksaan lebih lanjut mulai dari wawancara medis mendalam, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penjunjang seperti EKG, rontgen dan lain sebagainya. Bila penyebab keluhan tersebut sudah diketahui , baru dapat dilakukan penanganan atau terapi yang sesuai.

Berikut kami sertakan artikel yang berjudul 6 Cara Cepat Mengatasi Jantung Berdebar yang dapat Anda baca untuk menambah informasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar