Sukses

Gigi Berlubang dan Karang Gigi

08 Nov 2014, 13:06 WIB
Pria, 19 tahun.

Selamat sore dok... Saya mau tanya mengenai gigi yang berlubang dan karang gigi.. Bagaimana cara merawat gigi yang berlubang dan pencegahannya.. Dan cara menghilangkan karang gigi. Sekian dok, terimakasih...

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Penyakit gigi berlubang atau karies gigi disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk sehingga terjadi akumulasi plak yang bercampur dengan sisa makanan dan mengandung berbagai macam bakteri. Kemudian bakteri mengoah sisa makan dan plak tersebut sehingga menghasilkan asam yang merusak gigi menjadi berlubang.

 Untuk mencegah kerusakan gigi dan komplikasi penyakit, perawatan kebersihan gigi mutlak diperlukan. Mulut sebenarnya mempunyai sistem pembersihan sendiri, yaitu air ludah. Namun, dengan beragamnya jenis makanan yang kita konsumsi, kita perlu menggunakan sikat gigi dan pasta gigi untuk mencegah plak yang biasa terdapat pada gigi. Sikatlah gigi 2 kali sehari pada pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur dengan cara yang benar dan menggunakan pasta gigi. Untuk mencegah terjadinya lubang atau karies pada gigi adalah dengan memastikan bahwa kebersihan gigi dan rongga mulut Anda telah optimal dan jangan lupa untuk memeriksakan kondisi gigi Anda 6 bulan sekali ke dokter gigi.

Karang gigi yang melekat pada permukaan gigi memang harus dibersihkan karena dapat menyebabkan kerusakan gusi dan tulang pendukung gigi serta menyebabkan berbagai keadaan lainnya yang merugikan kesehatan baik sekitar gigi dan rongga mulut maupun tubuh. Radang gusi dan radang jaringan pendukung gigi secara umum disebabkan oleh karena tumpukan karang gigi, dimana gigi pada keadaan yang sudah parah gigi dapat mengalami goyang dan tidak bisa dipertahankan lagi sehingga haruus dilakukan pencabutan.

Pembersihan karang gigi hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi, pembersihan ini dilakukan dengan bantuan alat secara manual atau dengan alat ultrasonic, dimana alat bekerja dengan getaran ultrasonik pada bagian ujungnya yang berbentuk sedikit runcing agar dapat memecah karang gigi hingga ke tempat yang sulit dijangkau, termasuk karang gigi yang ada di bawah gusi, dengan cara penggunaan yang benar dan tepat sesuai petunjuk pemakaian, alat ultrasonic  ini cukup aman bagi permukaan gigi dan akar.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar