Sukses

Sudah Kena Campak, Apakan Masih Perlu Imunisasi Campak ?
15 Nov 2014, 21:28 WIB
Pria, 0 tahun.

selamat sore dok ?? mau tanya,anak saya usianya 9 bulan.pada umur 8 bulan kemarin sdh kena campak,apakan masih perlu imunisasi suntik Campak ???? demikian,terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Campak adalah penyakit infeksi virus campak, yang ditandai dengan gejala awal berupa demam, batuk, pilek, mata merah dan berair, diikuti dengan ruam kulit yang khas yang muncul pada hari ketiga hingga hari ketujuh.

Pada saat usia 9 bulan, vaksin campak dapat diberikan. Sebagian ahli berpendapat bahwa vaksin campak dapat diberikan pada usia diatas 6 bulan, karena dibawah usia itu masih terdapat imunitas spesifik campak yang diturunkan oleh saat bayi masih didalam kandungan. Namun, bila Anak sudah terlebih dahulu ada kontak dengan penderita campak, Vaksin masih efektif bila diberikan dalam 3 hari terpapar dengan penderita campak.

Jika anak sudah benar-benar pernah terinfeksi campak, maka tidak perlu diberikan vaksin campak lagi. Hal ini dikarenakan setelah terinfeksi campak, secara otomatis akan terbentuk kekebalan spesifik terhadap campak yang dapat bertahan lama dalam tubuh. Hal ini serupa dengan reaksi tubuh yang diharapkan terjadi setelah diberikan vaksin campak.

Masalahnya adalah apakah anak tersebut benar menderita campak?

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar