Sukses

Multivitamin Untuk Anak

22 Jan 2015, 14:49 WIB
Wanita, 23 tahun.

Assalamualaikum.... Langsung saja ke pertanyaan ya Dok.. Susu atau vitamin apa untuk anak yang lahir prematur? sekarang usianya 12 tahun.. Mohon informasinya ya Dok.. Terimakasih Wassalam

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Makanan merupakan sumber nutrien yang terbaik. Dengan diet makanan biasa serta selingan yang teratur dan seimbang, anak balita mendapatkan semua nutrien yang diperlukannya. Selain itu, banyak produk makanan  dan minuman seperti sereal, susu, dan jus jeruk yang sudah difortifikasi dengan nutrien yang penting seperti vitamin B, vitamin D, kalsium dan besi. Jadi, anak Anda kemungkinan sudah terpenuhi kebutuhan nutriennya.

Diet yang seimbang mencakup:

1.       Susu dan produk susu seperti keju dan yogurt

2.       Sayur-sayuran hijau dan buah-buahan beraneka warna

3.       Protein dari ayam, ikan, daging, dan telur

4.       Whole grain seperti dari nasi merah 

Jadi apakah perlu multivitamin? Beberapa anak dengan kondisi tertentu mungkin memerlukan tambahan multivitamin:

  • Anak dengan defisiensi nutrien atau kurang gizi atau gagal tumbuh
  • Anak dengan kondisi medis kronis tertentu atau alergi makanan
  • Anak dengan restriksi diet tertentu

Pemberian multivitamin sendiri memiliki risiko. Dosis vitamin dan mineral yang terlalu besar dapat menjadi toksik. Selain itu, vitamin dan mineral tertentu dapat menimbulkan interaksi dengan obat yang mungkin dikonsumsi oleh anak Anda.

Dewasa ini, banyak produk multivitamin anak yang dijual bebas dipasaran yang kerap mebuat kita bingung untuk memilih yang terbaik. Namun, alangkah baiknya Anda sebagai orang tua lebih cermat dan teliti dalam memilih produk multivitamin yang sesuai dengan kebutuhan dan juga aman untuk dikonsumsi anak Anda.

Untuk menentukan kebutuhan multivitamin yang tepat bagi anak, terdapat beberapa faktor yang sebaiknya menjadi pertimbangan seperti memilih produk yang kandungannya terdiri atas bahan-bahan alami yang telah dikenal lama dan terbukti memiliki fungsi berdasarkan uji penelitian yang ada. Selain itu, pilih produk multivitamin yang kandungannya sesuai dengan kebutuhan tubuh anak. Meliputi :

  1. Nutrisi lengkap. ?Kebutuhan nutrisi yang lengkap tidak hanya menjadi jawaban bagi tubuh sang buah hati. Tetapi juga sekaligus untuk organ terpentingnya, yakni otak. Dengan terpenuhinya kebutuhan nutrisi untuk otaknya, maka anak akan mudah terbantu dalam hal konsentrasi dan membantu pertumbuhan menjadi pintar cemerlang.
  2. Meningkatkan dan memelihara daya tahan tubuh. ?Daya tahan tubuh penting adanya untuk mempertahankan kelangsungan pertumbuhan anak. Karena dengan demikian anak tidak mudah sakit.
  3. Memperbaiki nafsu makan anak?. Ketika anak sedang sakit ataupun ketika kebutuhan nutrisinya menjadi terbatas karena asupan yang bernutrisinya berkurang, multivitamin yang memiliki fungsi memperbaiki nafsu makan anak.
  4. Membantu masa pertumbuhan & perkembangan anak?Nutrisi adalah hal yang sangat esensial pada masa pertumbuhan anak. Jangan sampai kebutuhan nutrisi anak Anda gagal terpenuhi karena kurang tepat memilih multivitamin untuk anak.

Agar Anda mengetahui bahwa produk tersebut memang bermanfaat, jadilah konsumen yang cerdas dan kritis sebelum membeli suatu produk:

  1. Tanyakan dan berkonsultasilah dengan dokter atau farmasi
  2. Carilah temuan dan bukti riset ilmiah dari kandungan bahan suplemen tersebut
  3. Hubungi dan kontak perusahaan atau distributor, tanyakan secara spesifik mengenai produk yang hendak Anda beli.

Namun, alangkah lebih baiknya bila Anda berkonsultasi dengan dokter anak Anda bila Anda khawatir mengenai pemenuhan vitamin dan mineral buah hati. Bila dokter merekomendasikan sebuah multivitamin, pilih yang sesuai dengan kelompok usia anak dan tidak memberikan lebih dari 100% kebutuhan harian vitamin dan mineral. Jauhkan kemasan vitamin dari anak Anda sehingga mereka tidak bisa mengambil dan memakannya sendiri. 

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar