Sukses

Vitamin Untuk Pertumbuhan Anak

06 Mar 2015, 14:36 WIB
Wanita, 1 tahun.

Bayi saya, usia 14 bulan, perempuan. BB nya hanya 6.3kg, TB sekitar 66cm. Susu formula atau vitamin apa yang bisa boost pertumbuhannya dokter? Alhamdulillaah bayi saya tampak motoriknya bagus, aktif, sehat, ceria, kuat dan cerdas. Gigi, kuku dan rambutnya tumbuh dengan baik. Sedang belajar berdiri tanpa berpegangan. Dapat berjalan dengan berpegangan ke tembok atau furnitur. Terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Kebutuhan nutrisi bayi sebaiknya terpenuhi melalui diet seimbang yang ditambah dengan asupan susu dan sinar matahari yang cukup. Vitamin untuk bayi hanya dibutuhkan pada kondisi-kondisi tertentu, seperti :

  • bayi lahir prematur dan direkomendasikan oleh dokter anak untuk menambah asupan suplemen
  • bayi tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup sehingga direkomendasikan untuk diberikan tambahan vitamin D
  • pada kondisi dimana bayi memang mengalami defisiensi vitamin dan mineral (kurang zat besi, kurang fluorida) akibat dari asupan yang kurang

Apabila bayi sudah makan makanan padat, maka kebutuhan nutrisi, termasuk di dalamnya adalah vitamin dan mineral sebaiknya tercukupi dari makanan tersebut. Jangan terlalu mengandalkan suplemen untuk pertumbuhan anak Anda. Harap diingat bahwa kebutuhan nutrisi anak utama didapatkan dari makanan, suplemen hanyalah tambahan apabila kebutuhan anak tidak tercukupi.

Apabila Anda ingin memberikan tambahan vitamin pada anak Anda, kami sarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk evaluasi awal tumbuh-kembang anak Anda saat ini.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar