Sukses

Pemeriksaan HSG

25 Jan 2015, 19:11 WIB
Wanita, 33 tahun.

Slmt siang dok, mhn dibantu. Saya sdh 2 thn menikah dn blm ada momongn, kami sdh ke dr spog, hsl tes sperma suami asthenozoosperma dn sdh diberi resep o/ dr, dn disarankn sy HSG, prtanyaan sy bgmn proses HSG tsb? Adakh efek samping HSG? Urgent kah hsg utk sy lakukan? Mohon dibantu, Terimakasih banyak.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Hysterosalpingography (HSG) merupakan pemeriksaan x-ray untuk mengevaluasi bagian dalam uterus (rahim), tuba falopi, dan daerah sekitarnya. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan pada wanita yang memiliki masalah sulit hamil atau gangguan kesuburan (infertilias). Pemeriksaan ini dapat melihat:

  • Sumbatan pada tuba falopi (saluran tuba). Wanita dengan riwayat infeksi pada saluran reproduksi (misal: penyakit menular seksual, keputihan, pelvic inflammatory disease) menyebabkan perlekatan tuba falopi sehingga dapat menghambat sperma bertemu dengan ovum (sel telur).

  • Menilai adakah kelainan pada uterus (rahim) seperti perlukaan, polip, firoid, perlekatan, benda asing, dll. Masalah-masalah tersebut juga bisa menyebabkan nyeri hebat saat menstruasi dan keguguran berulang.

Pemeriksaan ini cukup aman dan biasanya dilakukan 2-5 hari pasca menstruasi untuk memastikan bahwa Anda tidak sedang hamil. Pasien akan disuntikkan cairan kontras ke dalam rahim, jika tidak ada masalah kontras bisa mengisi rongga rahim dan tuba falopi (tidak ada sumbatan).

Kami sertakan beberapa artikel berikut:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar