Sukses

Radang Tenggorokan Pada Anak, Boleh Beri Antibiotik?

22 Jan 2015, 20:55 WIB
Pria, 28 tahun.

Dok. Saya ingin bertanya tentang radang tenggorokan pada anak, anak saya saat ini berusia 4 tahun. makanan atau minuman yang seperti apa dapat menyebabkan radang pada tenggorokan? untuk anak apakah boleh diberiakan antibiotik? Terimakasih dok.

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Penyebab infeksi dan radang tenggorokan paling banyak adalah virus (sekitar 40-60%) dan sekitar 15% disebabkan oleh bakteri streptococcus beta hemolyticus, streptococcus viridians, dan streptococcus pyogenes. Selain itu, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh jamur.

Namun perlu diketahui bahwa radang tenggorokan tidak selalu disebabkan oleh infeksi. Keadaan ini juga dapat disebabkan oleh alergi, atau iritan seperti polutan, asap rokok, dan substansi kimia lain. Gejala faringitis sangat bervariasi, bergantung pada penyebabnya. 

Mengatasi radang tenggorokan tidaklah sulit, beristirahatlah yang cukup, banyak minum, makan makanan dengan nutrisi cukup, menghindari makanan yang menyebabkan alergi dan minum vitamin seperti vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Saat sedang sakit, batasi jenis makanan yang dapat merangsang batuk seperti es dan makanan goreng-goreng,mengurangi atau menghindari asap rokok.

Kami tidak menyarankan pemberian obat terutama antibiotik untuk anak Anda tanpa anjuran dan pengawasan dokter, karena pengobatan yang diberikan tanpa pengawasan dan resep dokter berisiko menyebabkan terjadinya resistensi obat akibat pemakaian obat yang tidak tepat guna dan dosis. Kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter anak Anda terlebih dahulu untuk memastikan diagnosis dan mendapat terapi yangtepat sesuai dengan penyebabnya. Bila lebih dpikirkan penyebabnya adalah infeksi bakteri maka dokter anak Anda akan memberikan antibiotik, selain itu dapat pula diberikan obat anti inflamasi/peradangan yang sekaligus dapat membantu mengurangi rasa nyeri.

Berikut kami lampirkan artikel:

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat dan Anda lekas sembuh.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar