Sukses

Polip Anus Harus di Operasi

22 Jan 2015, 20:27 WIB
Wanita, 27 tahun.

cara mengobati polip anus tanpa harus operasi?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Polip artinya pertumbuhan yang menonjol. Polip anus kebanyakan merupakan tumor jinak bisa muncul pada anak-anak maupun dewasa. Pada anak-anak juga dapat terjadi polip rektal yang disebut juvenile polip, umumnya terjadi pada usia kurang dari 10 tahun yang didominasi dengan keluhan berak berdarah. Namun pada kondisi tertentu, polip bisa berubah menjadi ganas (kanker).

Pengobatan utama untuk polip adalah dengan tindakan bedah atau operasi yang disebut polipektomi. Menemukan dan mengangkat polip ini dapat menurunkan risiko terjadinya kanker rectum. Pada umumnya kanker rectum menyerang lebih sering pada usia tua.

Lebih dari 90 persen penyakit ini menimpa penderita di atas usia 50 tahun. Walaupun pada usia yang lebih muda dari 50 tahun pun dapat saja terkena. Sekitar 3% kanker ini menyerang penderita pada usia di bawah 40 tahun. Kanker anus dan rektum adalah kanker yang menyerang usus besar dan rektum.

Kanker rectum sebagaimana sifat kanker lainnya, memiliki sifat dapat tumbuh dengan relatif cepat, dapat menyusup atau mengakar ke jaringan di sekitarnya serta merusaknya, dapat menyebar jauh melalui kelenjar getah bening maupun pembuluh darah ke organ yang jauh dari tempat asalnya tumbuh, seperti ke lever, paru-paru, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian bila tidak ditangani dengan baik.

Untuk itu perlu deteksi dini berupa skrining untuk mengetahui kanker rectum sebelum timbul gejala. Dalam hal ini dokter dapat melakukan pemeriksaan untuk menemukan polip anus dan kanker pada stadium dini. Bila polip anus ditemukan dapat dengan segera diangkat, maka akan dapat mencegah terjadinya kanker rektum.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar