Sukses

Nyeri Kepala dan Mata Buram

19 Feb 2015, 14:43 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya mau tanya kepala saya sering sekali bahjan hmpir setiap hari sakitnya kyak ada benjolan gt dok klo lg sakit sekali benjolan dipegang sakit sekali tepatnya dibagian belakang seblah kanan..rambut saya jga rontok...sakit kplanya sudah dr Sya msh SMA...Pnglihtn mulai sdkt brkurang..tiap pagi dan mlam slalu sakit..sampai kemata...apakah bahaya dok???bagaimana cara mengatasinya?apa ada pengaruh dr kepla yg pernah bocor?karena dulu waktu kecil saya peenah bocor dok..mkasih seblmnya

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami ingin mengajukan beberapa pertanyaan :

  • Sejak kapan Anda mengalami hal ini?
  • Apakah Anda melihat kilatan cahaya atau kesemutan sebelum timbul sakit kepala (aura)?
  • Apakah saat sakit kepala muncul disertai keluhan mual dan muntah?
  • Pengobatan apa sajakah yang sudah anda lakukan untuk menghilangkan sakit kepala anda?
  • Saat mengalami benturan pada kepala ketika kecil, apakah sempat mengalami penurunan kesadaran (pingsan/koma)?

Sakit kepala diklasifikasikan menjadi dua, yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Sakit kepala primer terjadi tanpa adanya penyakit yang mendasari, sedangkan sakit kepala sekunder merupakan gejala dari kondisi medis yang lebih serius. Yang termasuk dalam sakit kepala primer adalah sakit kepala tipe tensi (tension-type headache), migrain, dan cluster.

Gambaran klinis sakit kepala tipe tensi seringkali menyerupai migrain, namun sakit kepala tipe tensi tidak disertai aura, keluhan mual hingga muntah. Sedangkan sakit kepala tipe cluster umumnya terbatas pada sekitar mata, derajat berat hingga mata merah dan hidung seperti flu.

Sakit kepala dapat diatasi dengan obat-obatan seperti ibuprofen atau asetaminofen, namun konsumsi obat penghilang rasa sakit terlalu sering justru dapat memicu timbulnya sakit kepala kronik.

Keluhan kedua Anda yaitu penglihatan Anda semakin berkurang. Untuk mendapatkan diagnosa untuk penyakit Anda, sepertinya diperlukan pemeriksaan yang mendetail untuk mata anda, seperti pemeriksaan visus (ketajaman penglihatan), pemeriksaan lapang pandang, tekanan bola mata, lalu mungkin bila anda pernah sakit kepala hingga muntah dapat dilakukan pemeriksaan CT scan kepala. 

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan mata buram yaitu : 

  1. Mata minus 
  2. Mata astigmatisme
  3. Tumor otak
  4. Katarak : sering terjadi pada orang di usia tua, ditandai dengan mata yang semakin lama memburam
  5. Ulkus kornea : luka pada mata biasanya ada mata merah, gatal, buram
  6. Mata kering
  7. Penyakit mata akibat diabetes (penyakit gula)
  8. Glaucoma : dimana dapat terjadi peningkatan tekanan bola mata, yang membuat mata buram dan nyeri kepala, sering terjadi pada orang di usia tua
  9. Iritis 
  10. Penyakit saraf mata (optik neuritis, degenari makula) 
  11. Migraine

Kami menyarankan agar Anda melakukan konsultasi ke dokter spesialis mata untuk dilakukan pemeriksaan lebih. Untuk sementara yang Anda dapat lakukan adalah mencoba mengkonsumsi lebih banyak vitamin. Bila memang sangat nyeri kepala anda dapat mengkonsumsi obat-obatan untuk nyeri kepala yang dijual di pasaran. Kami menyarankan juga bila Anda sering bekerja di depan komputer, untuk mengistirahatkan mata bila anda sudah terlalu lama di depan komputer. 

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi Anda :

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar