Sukses

Sel Telur Kecil & Ingin Segera Hamil

04 Nov 2014, 15:58 WIB
Wanita, 31 tahun.

sy sdh 4 thn berumah tangga tp belum dikaruniai anak, mnurut hasil pemeriksaan sel telur sy kecil, sdh diberi obat penyubur dgn dosis maksimal namun tdk ad perubahan, sy dianjurkan mengkonsumsi metformin sampai sy hamil, dan dokter jg menyarankan utk melakukan HSG, sbg informasi menstruasi sy tidak lancar, keluar sangat sedikit 4 bulan terakhir dan bulan ini sebaliknya keluar sgt banyak sehingga harus mengganti pembalut lebih dr 5x dlm sehari, mohon pencerahannya agar sel telur cepat membesar, siap dibuahi dan bisa cpt mempunyai keturunan, setelah memohon pd Dzat yg memiliki hidup tentunya

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda saat ini adalah sel telur kecil dan menstruasi banyak, keluhan Anda dapat mengarah kepada sindroma ovarium polikistik atau lebih dikenal dengan Policystic Ovary Syndrome (PCOS) yaitu kelainan di indung telur wanita akibat ketidakseimbangan hormon. Sindroma ovarium polikistik dapat menyebabkan gangguan siklus menstruasi dan menyebabkan gangguan kesuburan. Gejalanya antara lain adalah mentruasi tidak teratur (menjadi jarang atau berdarah banyak), gangguan kesuburan, gangguan pematangan sel telur sehingga telur yang ada berukuran kecil, gangguan metabolisme lemak, peningkatan berat badan dan jaringan lemak pada tubuh bagian atas, timbul jerawat pada muka atau badan,  pertumbuhan rambut-rambut halus yang berlebihan di wajah dan badan.

Gejala utama dari penderita PCOS yaitu adanya gangguan pada siklus menstruasi dan adanya peningkatan kadar hormon pria (androgen), seperti berjerawat, pertumbuhan rambut yang berlebih di seluruh tubuh (hirsutism), dll. Namun, beberapa wanita mungkin tidak merasakan adanya gejala-gejala PCOS selain mengalami kesulitan untuk mendapatkan keturunan (infertilitas). Infertilitas pada penderita PCOS terjadi karena indung telurnya tidak mampu melepaskan sel telur setiap bulannya. 

Disamping mengalami peningkatan kadar hormon pria, PCOS juga dapat menyebabkan terjadinya resistensi insulin perifer dan hiperinsulinemia (tingginya kadar insulin dalam tubuh) akibatnya penderita PCOS cenderung akan mengalami gangguan dalam pengaturan metabolisme lemak (lipid) dan  pengaturan kadar gula darah (kadar gula darah menjadi tinggi dalam tubuh seperti yang terjadi pada penderita gula darah), sehingga mereka menjadi obesitas.

PCOS mepengaruhi infertilitas (gangguan kesuburan ) dikarenakan menyebabkan wanita menghasilkan sikus anovulatoar (tidak mengandung sel telur) akibat dari ketidakseimbangan hormonal. 

Untuk mengatasi masalah gangguan kesuburan, diperlukan terapi hormonal lainnya (seperti obat kontrasepsi oral), metformin, obat penyubur (clomiphene) yang dapat diberikan oleh dokter. Selain itu dapat juga dilakukan terapi Laparoscopic ovarian drilling (LOD) yaitu operasi sederhana yang menggunakan laser/panas untuk menghancurkan jaringan ovarium yang memproduksi androgen, seperti testosteron. 

Saran kami Anda tetap meneruskan terapi yang sudah diberikan oleh dokter Anda sebelumnya, tidak lupa juga untuk rutin kontrol dan  melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh sekaligus diskusi mengenai penanganan selanjutnya. 

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Salam, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar