Sukses

Penularan Cacar

06 Mar 2015, 16:27 WIB
Wanita, 29 tahun.

Selamat malam dok..begini dok,dua minggu yg lalu kakak saya kena cacar trus skr tepat 2 minggu anaknya jg kena..saya bulan ini berencana utk promil..kebetulan minggu2 ini masa subur saya. Pertanyaan saya apa saya tunda dulu ya promilnya?krn takut seandainya saya berhasil positif bulan ini ternyata saya sedang ktularan cacar jg..saya baca2 di internet katanya cacar munculnya 2 minggu stlh tertular..mohon dibalas ya dok..maaf kalo kepanjangan..terima kasih..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Infeksi cacar air selama kehamilan memang merupakan penyakit yang sering dikhawatirkan oleh ibu hamil karena dapat memengaruhi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Efek yang serius terhadap ibu hamil adalah pneumonitis varicella. Sedangkan pada janin dapat terjadi swuatu kelainan Congenital Varicella Syndrome (CVS) berupa kelainan ukuran kepala dan anggota gerak tubuh, kelainan mata, dsb. Risiko CVS adalah sebesar 0,4% pada usia kehamilan kurang dari 12 minggu, meningkat menjadi 2% pada usia kehamilan 13 sampai 20 minggu, dan menurun menjadi 1 % pada usia kehamilan lebih dari 20 minggu.

Secara definisi, cacar air adalah infeksi akut primer yang disebabkan oleh virus Varisela-Zoster yang menyerang kulit. Cacar air umumnya dapat sembuh sendiri, namun bersifat sangat menular melalui udara. Terutama pada kondisi dimana daya tahan tubuh seseorang sedang menurun, seperti selama kehamilan. Cacar air umumnya masih sangat menular hingga lebih kurang 7 hari sejak timbulnya gejala kulit. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda menghindari kontak dengan anggota keluarga yang tertular hingga masa penyembuhannya selesai. Diskusikan hal ini dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda. Dokter akan menentukan perlu/tidaknya pemberian antibodi atau antiviral tertentu sebagai tindakan pencegahan penularan penyakit pada anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar