Sukses

konsumsi Primolut dan Kesuburan

06 Mar 2015, 17:12 WIB
Wanita, 23 tahun.

dokter saya wanita sudah menikah yang belum mempunyai anak dikarenakan kondisi pekerjaan saya yang tidak memungkinkan saya untuk memiliki anak dulu. saya sudah menikah 1 tahun. yang ingin saya tanyakan adalah saya meminum tablet primolut 5mg karena minggu ini saya ada keperluan upacara agama yang tidak memungkinkan saya dalam keadaan menstruasi. yang mau saya tanya adalah apakah selama meminum primolut ini jika saya berhubungan dengan suami saya akan besar resiko untuk kehamilan ? karena saya kebetulan menggunakan KB kalender. Bulan lalu saya menstruasi tanggal 8 Okt. primolut saya minum 2 x 1. sebelum sesudahnya saya ucapkan terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Obat yang Anda sebutkan berisikan zat norethisteron, suatu hormon progesterone.  Obat ini digunakan digunakan pada beberapa kasus atau indikasi, antara lain:

  • Perdarahan rahim disfungsional;
  • Amenorea primer atau sekunder;
  • Premenstrual syndrome (PMS);
  •  Endometriosis.

Oleh karena itu dapat dilihat bahwa obat ini tidak ditujukan sebagai kontrasepsi, sehingga masih ada kesempatan untuk trjadinya kehamilan dalam penggunaan obat tersebut.

Obat ini sama seperti obat lain yaitu memiliki kontraindikasi, dimana seseorang dengan kondisi tertentu tidak boleh mengkonsumsi obat tersebut. Bila Anda memiliki salah satu kontra indikasi tersebut, maka tidak disarankan menggunakan norethisterone. Beberapa larangan yang termasuk dalam kontraindikasinya, antara lain:

  • Kehamilan dan menyusui;
  • Riwayat penyakit pembuluh darah;
  • Kencing manis atau diabetes mellitus (DM) dengan gangguan pembuluh darah;
  • Gangguan hati yang berat;
  • Tumor ganas yang dipengaruhi hormone seksual.

Setiap obat memiliki efek samping. Yang dimaksud dengan efek samping adalah kejadian tidak menyenangkan yang telah diketahui sebelumnya. Beberapa efek samping dari obat ini, yaitu perdarahan dari rahim berupa bercak-bercak, menstruasi lebih sedikit jumlahnya atau tidak menstruasi, sakit kepala, mual, dan bengkak pada beberapa bagian tubuh.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar