Sukses

Pengobatan TB

19 Feb 2015, 14:52 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dengan hormat, Dokter, mohon bantu saya menderita TBC dan bulan ini merupakan bulan terkahir saya mejalankan perawatan dgn meminum obat rutin setiap harinya ( hampir 6 bulan ), 3 bulan yang lalu dahak saya dinyatakan negatif mengandung bakteri dan paru parupun membaik.. tapi sekarang kadang masih ada dahak , apakah hal tersebut bisa kemungkinan terkena kuman TBC lagi ataukah wajar ? saya was was seminggu lagi waktu pemeriksaan dahak saya , saya takut hasil labnya nanti dahaknya mengandung kuman TBC lagi.. disisi lain berat badan saya naik terus Dok.. Mohon bantu Terimakasih Salam Deuis Herlina

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang anda rasakan. Kami akan menjelaskan tentang pengobatan Tuberkulosis. Penyakit TB (Tuberkulosis) Paru dapat disembuhkan, namun hal ini bergantung pada kepatuhan penderita terhadap pengobatan yang memang berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Pengobatan TB memang membutuhkan kedisiplinan dan waktu yang panjang. Seseorang dengan TB harus menuntaskan pengobatan yang lama tersebut hingga benar-benar dinyatakan terbebas dari penyakit TB. Lama  pengobatan TB pada penderita dapat berkisar 6- 9 bulan, tergantung dari jenis TB dan respon penderita terhadap pengobatan. Sejauh ini, jenis obat TB yang efektif memang kombinasi dari penggunaan empat obat-Rifampisin, INH, Pirazinamid, dan Etambutol, ditambah dengan suntikan Streptomisin pada mereka yang tergolong dalam Penderita TB kategori 2 ( pasien kambuh, gagal ataupun dengan riwayat pengobatan terputus).

Penyakit ini dapat kambuh jika imunitas (daya tahan) tubuh seseorang menurun dan juga orang tersebut menjalankan pola hidup yang tidak sehat.  Hasil pemeriksaan kuman negatif dan berat badan naik merupakan salah satu indikasi berhasilnya pengobatan TB. Anda tidak perlu khawatir dengan hasil evaluasi pengobatan Anda. Saat ini yang perlu Anda lakukan di akhir pengobatan adalah memastikan bahwa pengobatan Anda berjalan dengan baik, lengkap dan selesai. Pastikan agar Anda juga mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi cukup untuk menunjang sistem pertahanan tubuh (imunitas), dan istirahat yang cukup.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar