Sukses

Jantung Berdebar dan Telapak Tangan Berkeringat

19 Feb 2015, 14:08 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya hoby mengkonsumsi kopi sejak 7tahun lalu,setiap hari saya pasti minum kopi,lalu 3taun lalu saya jg mulai merokok tp tidak sering,akhir" ini jantung saya sering berdebar cepat sekitar 10-20ment d tmbh telapak tangan dan kaki keluar keringat,obatnya apa ya dok?terimakasih

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Telapak tangan dan telapak kaki yang basah dan selalu berkeringat dapat merupakan suatu keadaan yang disebut hiperhidrosis. Hiperhidrosis merupakan suatu keadaan ketika kelenjar keringat memproduksi keringat berlebih yang seringkali dipicu oleh emosi atau oleh suhu. Seringkali terjadi pada telapak tangan, telapak kaki dan ketiak. Kondisi ini biasanya diturunkan dalam keluarga. 

Keluhan Anda tersebut juga dapat disebabkan banyak kemungkinan, seperti masalah saraf, hormonal dan psikis. Mengenai masalah hormon yang paling sering terjadi adalah gangguan fungsi kelenjar tiroid misalnya pada hipertiroid. Sedangkan pada masalah saraf, dapat terjadi stimulus dari saraf simpatis. Mengenai psikis terjadi karena faktor psikologis (stress).

Berkaitan dengan keluhan dada berdebar-debar dapat merupakan gejala dari:

  • penyakit jantung: aritmia (denyut jantung tidak teratur)
  • bukan penyakit jantung/non cardiac: gondok atau hipertiroid, anemia, rasa cemas

Terkait keluhan Anda yang juga memilki riwayat keringat berlebihan kemungkinan keluhan yang Anda rasakan adalah gangguan hipertiroid, namun untuk dapat menentukan diagnosa dari keluhan Anda. Kami sarankan sebaiknya Anda berkonsultasi ke Dokter Penyakit Dalam untuk evaluasi menyeluruh dan lebih lanjut untuk penanganan yang tepat. 

Anda dapat membaca artikel berikut ini untuk menambah wawasan Anda:

Hiperhidrosis

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar