Sukses

Ingin Hamil Anak Perempuan
22 Jan 2015, 22:10 WIB
Wanita, 30 tahun.

Siang Dok, saya ibu dengan 1 anak laki - laki yang berumur 3 tahun, yang ingin saya tanyakan saya ingin merencanakan kehamilan yang kedua, bagaimana caranya supaya anak kedua kami perempuan, katanya ada cara nya pada saat melakukan hubungan suami istri,,??? mohon saran nya dokter... terima kasih, devi

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Secara ilmiah Laki-laki memiliki kromosom seks jenis X dan Y. Sedangkan perempuan memiliki dua kromosom seks yang sama, yaitu X dan X. Sehingga bila dalam hubungan intim, sperma X yang membuahi sel telur maka terjadilah pertemuan kromosom X dengan X, sehingga yang didapat adalah bayi perempuan. Sedangkan, jika sperma Y yang membuahi sel telur, maka terjadilah pertemuan antara kromosom X dan Y, dan didapat bayi laki-laki. 

Jenis kelamin anak yang akan dimiliki tidak dapat ditentukan oleh kita sendiri secara alami. Namun, berkat kemajuan teknologi kedokteran memang hal tersebut dapat diusahakan, yaitu dengan melakukan pembuahan di laboratorium atau fertilisasi in vitro, seperti pada prosedur bayi tabung. Namun, prosedur ini tentunya sangat mahal dan hanya dapat dilakukan di pusat pelayanan kesehatan tertentu. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai fertilisasi in vitro (bayi tabung), anda dapat membaca artikel Kami yang berjudul Sulit Memperoleh Keturunan? Coba In Vitro Fertilization (Bayi Tabung).

Selain itu, sperma yang dikeluarkan oleh ayah terdiri atas sperma X dan sperma Y, dimana jumlah sperma X dan sperma Y yang dihasilkan adalah sama banyak. Daya tahan hidup sperma bervariasi antara 12-48 jam. Sperma yang mengangkut genetik-X (perempuan) berenang lebih lambat namun mampu bertahan lebih lama di dalam saluran reproduksi wanita. Sedangkan sperma yang mengangkut genetik-Y (laki-laki) dapat berenang lebih cepat menuju sel telur namun tidak dapat bertahan lama di dalam saluran reproduksi wanita. Karena alasan inilah disarankan bagi pasangan yang ingin memiliki anak perempuan untuk berhubungan H-3 sebelum masa subur.

Mendekati masa subur, cairan vagina cenderung lebih asam, yang justru akan mematikan sperma Y. Namun sperma X yang lebih tahan asam masih dapat mencapai sel telur. Kondisi asam-basa saluran reproduksi wanita juga terkait dengan terjadinya orgasme, karena saat orgasme organ reproduksi wanita akan mengeluarkan cairan basa yang akan membunuh sperma X.

Yang kami kemukakan disini hanyalah sebuah cara untuk mewujudkan harapan pasangan akan jenis kelamin seorang anak. Pada akhirnya Tuhan pulalah yang menentukan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk senantiasa berdoa dan bertawakal. Semoga harapan anda dapat dikabulkan oleh-Nya.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga membantu. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar