Sukses

Pengecekan Gula Darah Puasa Dan 2jam Setelah Makan

12 Jan 2015, 23:16 WIB
Wanita, 52 tahun.

Bagaimana cara yang benar untuk pengecekan gula darah puasa dan 2 jam setelah makan? Apakah dalam jangka waktu setelah puasa hingga 2 jam setelah makan diperkenankan untuk minum obat maupun suntik insulin? Thanks atas informasinya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Ada berbagai macam pemeriksaan gula darah, yaitu pemeriksaan gula darah sewaktu (GDS), gula darah puasa (GDP), dan gula darah darah 2 jam setelah makan (post prandial). Pemeriksaan HbA1c memeriksa kondisi gula darah dalam 3 bulan terakhir. Kadar gula darah yang jelas mengindikasikan diabetes adalah yang berada dalam kisaran > 200 mg/dl untuk kadar gula darah sewaktu (GDS) atau >=126 mg/dl untuk kadar gula darah puasa (GDP).Kadar gula darah diperiksa saat 2 jam setelah minum larutan glukosa 75 gram (2 jam post prandial/2jamPP). Bila kadarnya >=200 mg/dl maka dapat dipastikan Anda menderita diabetes, kadar 140-199 mg/dl dikatakan Anda menderita gangguan toleransi glukosa, dan kadar < 140 mg/dl menandakan bahwa Anda tidak menderita kedua keadaan tersebut (normal).

Persiapan yang perlu dilakukan sebelum pemeriksaan Kadar gula darah adalah puasa minimal 8 jam. Anda dapat memulainya diwaktu tidur, misalnya puasa mulai dari jam 11 malam hingga jam 8 pagi keesokan harinya. Selama puasa ini Anda tidak boleh makan dan minum, kecuali minum air putih. Setelah dilakukan pemeriksaan GDP, Anda akan diberikan asupan air dengan 75gram gula. 2 jam setelahnya kembali dilakukan pemeriksaan GD 2PP. Selama selang waktu tersebut, agar hasil akurat, tidak boleh ada pemakaian obat dan asupan makan selain air gula yang telah diberikan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar