Sukses

Tumor Fam Muncul Lagi

23 Jan 2015, 10:42 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok tahun lalu saya pernah operasi tumor fam dan sekarang kok ada benjolan lagi dipayudara saya dan ciri-cirinya sama tapi letaknya berbeda apakah tumor fam muncul lagi?

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

FAM (Fibroadenomamammae) merupakan tumor jinak payudara dan merupakan kasus terbanyak pada tumor payudara. Kejadiannya dapat berbentuk tunggal atau banyak pada satu payudara atau kedua payudara. Karakter FAM antara lain teraba, padat, kenyal, dapat digerakkan dari jaringan sekitarnya (mobile), bentuk bulat, lonjong, berbatas tegas, tidak nyeri, kuit payudara diatasnya tidak berubah, pertumbuhan lambat dan tidak menyebar seperti kanker payudara.

Tumor jinak payudara (fam) adalah benjolan pada payudara yang biasanya merupakan gumpalan lemak yang terbungkus dalam suatu wadah yang menyerupai kantong yang sifatnya jinak dan tidak menyebar ke bagian lain pada tubuh. FAM lebih banyak di derita oleh wanita yang berumur sekitar 16 tahun – 30 tahun dan dapat berulang.

Semua benjolan didalam dunia kedokteran disebut dengan tumor. Jika benjolan ini dapat menyebar ke jaringan lain (metastasis) barulah disebut dengan Kanker. Namun FAM, tergolong dalam tumor jinak payudara.

Penanganan FAM memang sebaiknya diangkat dengan tindakan bedah, namun pertimbangan ini berbeda pada tiap individu tergantung dari kondisi masing-masing. Untuk itu, sebaiknya Anda kembali berkonsultasi dengan dokter yang telah merawat Anda mengenai pilihan terapi yang tepat yang dapat Anda jalani.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar