Sukses

Radang Tenggorokan Sering Kambuh

22 Feb 2015, 20:35 WIB
Pria, 27 tahun.

Dear klikdokter, akhir2 ini saya sering sekali terkena radang tenggorokan. Dari beberapa dokter dan obat udah saya lakukan. Terakhir di dokter spesialis THT dan akhirnya sembuh. Namun sekarang masih sering kambuh lagi. Sakit saat menelan udah 2 minggu tapi tidak disertai flu dan demam cuma terkadang badan nyeri dan meriang. Tenggorokan terlihat memerah tapi amandel tidak bengkak. Apa yang harus saya lakukan agar sakit ini sembuh sekaligus jarang kambuh lagi? Termasuk jenis dan tahap akutkah radang tenggorokan saya? Terima kasih atas jawabanya dokter.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Radang tenggorokan merupakan istilah umum dari keadaan peradangan atau infeksi di sekitar tenggorokan (Faringitis). Lokasi sekitar tenggorokan meliputi rongga mulut bagian belakang, tonsil (amandel), bagian belakang tonsil atau laring, dan sekitarnya.

Penyebab tersering radang/ infeksi tenggorokan adalah virus, dan dalam frekuensi yang lebih sedikit bisa juga bakteri atau jamur. Infeksi tenggorokan ditularkan melalui percikan renik (droplet) saat penderita berbicara, bersin, batuk atau mencium anak. Percikan renik tersebut mengandung kuman yang dapat menyebabkan Penyakit yang sama pada bayi/anak.

Secara umum, tubuh akan bereaksi melawan kuman yang masuk serta menimbulkan efek demam dan hidung tersumbat/ hidung berair (akibat sekret yang dihasilkan untuk melawan kuman yang masuk). Pada beberapa keadaan dapat terjadi gejala batuk bila sekret atau reaksi peradangan terjadi di tempat-tempat reseptor batuk.

Reaksi peradangan juga akan menyebabkan warna selaput lendir tenggorokan menjadi lebih merah dan bengkak sehingga terasa nyeri saat menelan.

Kondisi dehidrasi akan membuat lendir yang terdapat di saluran napas bertambah pekat/kental dan mengakibatkan batuk yang Anda alami menjadi lebih hebat. Karena itu, tambahan asupan cairan amat dianjurkan di saat anak mengalami radang tenggorokan. Asupan nutrisi yang optimal juga dapat mempersingkat masa sakit anak.

Minuman yang terlalu dingin dapat memperberat gejala pada beberapa kasus. Gorengan asalkan tidak terlalu berminyak boleh-boleh saja dikonsumsi. Karena disebabkan virus dan dapat sembuh dengan sendirinya, terapi bagi radang tenggorokan umumnya dilakukan secara suportif (mengurangi gejala-gejala yang ada), seperti penurun panas, pelega saluran napas, pengencer dahak, serta asupan cairan dan nutrisi yang optimal. Pemberian antibiotik akan dievaluasi lebih lanjut karena umumnya infeksi tenggorokan disebabkan virus.

Upaya pencegahan yang dapat dilakukan sebenarnya merupakan kiat menjaga kesehatan secara umum. Yang utama adalah menjaga asupan nutrisi yang optimal (sehingga daya tahan tubuh menjadi lebih kuat), memelihara higiene dan sanitasi yang baik, menghindar dari sumber penularan (dapat dengan mengenakan masker). 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

1 Komentar