Sukses

Anatomi Sinus Maksilaris

08 Mar 2015, 20:24 WIB
Pria, 31 tahun.

Selamat pagi Dokter... Saya ingin bertanya. Apakah ada saluran yang menghubungkan secara langsung antara sinus maksilaris kiri dan kanan? Dan, Jika ada, apakah cairan tersebut dapat berpindah dari sinus maksilaris kiri ke sinus maksilaris kanan dan sebaliknya...? Terima kasih Dok sebelumnya...

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Pada umumnya tidak ada saluran khusus yang langsung menghubungkan kedua sinus maksilaris kanan dan kiri. Muara sinnus maksilaris adalah pada sepertiga tengah dinding sampingl hidung. Adanya infeksi yang lama dan menetap pada daerah hidung dan dinding tenggorokkan dapat menjalar masuk dan terperangkap pada sinus maksilaris ataupun sinus lainnya menyebabkan peradangan yang disebut dengan sinusitis.

Beberapa faktor yang dapat mencetuskan terjadinya sinusitis adalah:

  • Obstruksi mekanik, seperti deviasi septum, pembesaran  konka, benda asing di hidung, polip hingga tumor di hidung
  • Rhinitis alergika, yang ditandai dengan sering bersin di pagi hari
  • Lingkungan : polusi, udara dingin dan kering

Yang dapat Anda lakukan adalah memeriksakan ke dokter THT untuk mengetahui penyebab dari sinusitis Anda dan mendapatkan pengobatan dan penanganan yang sesuai. Apakah terdapat sumbatan/obstruksi mekanik seperti kelainan bentuk pada daerah hidung ataukah murni karena alergi. Jika ditemukan adanya sumbatan/obstruksi mekanik, maka harus diperbaiki kelainannya. Sedangkan jika memang dicetuskan oleh alergi, maka hindari hal-hal yang menyebabkan alergi. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar