Sukses

Benjolan Payudara dan Puting Tertarik Kedalam

22 Jan 2015, 00:03 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, saya ingin bertanya, beberapa tahun lalu tepat nya bln februari thn 2010 saya menemukan bnjoland payudara sblah kiri saya, lalu sayaperikank dokter dan hasil nya kelenjar susu trlalu subur kata dokter yg saat it, dan tdk berbahayakatanya setelah itu saya tdk prnh priksa lg, setelah setahun berlalu saya mndg teman saya ada bnjoln seperti saya , lalu di oprasi, Saya dsarankan tmn untuk oprasi, setelah saya periksa kmbali d rmh sakit besar trnyata itu tumor klo tdk slah tumor mamae, tumor jinak, dr dl mmg puting saya sring masuk kdalam, stelah di oprasi , knp skrg mlh lbih sering sakit ya dok, bahkan gk cm slh 1 payudara bhkan kdanh brgntian kanan dan kiri, tp saya raba tdak ada bnjoln, dan saya periksakan k dokter kta nya tdk apa2, mmg trsa sakit nya sblm datang bulan, dan kadang putong nya serig k dalamn apakah ini bsa trrkrna kanker dok? Terima kasih sblm nya dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Jika yang Anda takutkan adalah kanker payudara, maka Kami akan sedikit menjelaskan mengenai kondisi tersebut.

Benjolan merupakan gejala paling sering yang menjadi tanda waspada kanker payudara. Namun, kanker payudara dapat memberikan gejala lain selain benjolan.

Beberapa gejala kanker payudara yang harus diperhatikan dan diwaspadai oleh para wanita adalah sebagai berikut:

  1. perubahan pada kulit atau bintik-bintik kemerahan seperti peradangan.

  2. Perubahan kulit. Adanya kerutan atau “lesung pipit” pada daerah sekitar payudara.

  3. Perubahan pada puting  susu yang dapat berupa puting susu yang masuk ke dalam, menjadi datar tidak seperti biasanya, atau bengkak dan tidak terlihat seperti biasanya. Keluarnya cairan atau darah dari puting susu juga perlu diwaspadai.

  4. Nyeri pada payudara.

Setiap wanita perlu mengetahui kondisi payudaranya dengan baik dan melakukan pemeriksaan payudara sendiri dengan rutin setiap 1 bulan sekali. Tidak semua perubahan pada payudara merupakan tanda kanker payudara. Ada juga perubahan yang merupakan pertanda normal. Setiap 1-2 minggu sebelum menstruasi, keadaan payudara memang dapat berubah menjadi agak membengkak, dapat terasa nyeri dan biasanya dirasakan di seluruh bagian payudara. Perubahan ini akan menghilang dalam waktu 1 minggu setelah menstruasi berakhir.

Namun, jika keluhan pada payudara berlanjut dan mengganggu dalam 2-3 siklus menstruasi berikutnya, sebaiknyaAnda perlu kembali memeriksakan diri ke dokter. Selain pemeriksaan oleh dokter, diperlukan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan mammografi atau ultrasonografi.

Artikel Terkait:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar