Sukses

Sperma Cair Dan Keluar Tanpa Rangsangan Seksual

22 Jan 2015, 23:11 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok ,, saya mau tanya apakah sperma cair yang saya alami ini selama 3 tahun bisa sembuh dengan sendirinya ? saya juga mengalami sperma seperti keluar sendiri tanpa ada gesekan atau sedang melemas,, dan pada saat ejakulasi saya sudah tidak merasakan rasa nya lagi seperti buang air kecil biasa saja ,, mohon bantuan nya dok ?

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berdasarkan keluhan yang Anda utarakan, kami menduga keluhan tersebut merupakan suatu gejala dari kebocoran katup mani atau spermatorrhea. Spermatorrhea adalah suatu kondisi terjadinya ejakulasi secara tidak sengaja(tanpa adanya rangsangan seksual) dan  atau berlebihan yang dikenal dalam kedokteran timur. Gejalanya adalah terjadinya ejakulasi yang tiba-tiba dengan frekuensi yang sering dan/atau ejakulasi dengan jumlah yang lebih banyak daripada normal. Hingga kini, berdasarkan ilmu kedokteran, penyebabnya sangat luas dan perlu dilakukan pemeriksaan dan evaluasi lengkap untuk mengetahui apakah terdapat keterlibatan organ fisik dan/atau psikis.

Penyebab tersering dari spermatorrhea adalah:

  • karena seringnya masturbasi, atau stimulasi dari menonton tv atau buku yang berhubungan dengan pornografi. 
  • peradangan pada organ genital 
  • Kondisi fisik atau psikis yang lemah, bisa menyebabkan disfungsi organ yang menyebabkan pusat otak hilang kontrol kepada pusat seks.

Penanganan Spermatorrhea dapat dilakukan dengan:

  • Mengurangi frekuensi masturbasi
  • Perubahan gaya hidup: olahraga eratur, pola makan sehat, menghindari alkohol dan obat-obatan terlarang
  • Mengosongkan kandung kemih sebelum tidur

Mengenai pertanyaan Anda, kebocoran air mani bisa merupakan gambaran normal atau penyebabnya dari ketiga hal diatas. Jika penyebabnya adalah seringnya masturbasi, Anda bisa mengurangi kegiatan tersebut. Jika karena peradangan saran kami Anda berkonsultasi langsung kepada dokter spesialis Andrologi untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung.

Mengenai sperma yang cair, sebenarnya Anda tidak perlu khawatir karena jika sperma encer bukan berarti sperma tidak baik. Kekentalan atau viskositas cairan semen dapat diketahui secara pasti dengan pemeriksaan analisis semen (air mani). Analisis semen tersebut sebetulnya ditujukan untuk menilai kualitas serta kuantitas sperma pada kasus infertilitas (ketidaksuburan) pria.  Selain usia, kualitas sperma juga dipengaruhi oleh beberapa faktor pada pria seperti makanan dengan gizi kurang adekuat, stress, obesitas, obat-obat,merokok, pestisida yang terdapat dalam makanan.

Faktanya adalah kekentalan cairan sperma tidak berhubungan dengan kualitas sperma yang terkandung di dalamnya. Kualitas dan kuantitas sperma hanya bisa ditelaah melalui pemeriksaan sperma analisis yang dilakukan oleh Dokter Spesialis Andrologi.

Berikut artikel yang kami berikan untuk menambah informasi Anda: 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar