Sukses

Buah Zakar Turun Sebelah

19 Jan 2015, 19:14 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok mau tanya, beberapa minggu terahir saya merasakan sakit dibagian perut bgian bawah serta sakit saat sebelum dan sesudah buang air kecil serta di pangkal paha kanan sering sakit, serta buah zakar agak turun yg sebelah kanan juga. Itu gimana ya dok? Tolong sarannya dok..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Apakah keadaan ini sudah dari dulu? Atau baru muncul sekarang? Perlu diketahui sebelumnya bahwa struktur anatomi tubuh manusia memiliki beberapa variasi bentuk yang normal ditemukan. Dalam satu individu sekalipun, variasi ini dapat ditemukan seperti testis kiri tampak lebih turun dibandingkan yang kanan pada laki-laki, atau payudara kiri tampak lebih besar dibandingkan kanan pada perempuan. Selama perbedaan ini tidak mencolok (< 50% antara sisi kanan dengan sisi kiri), maka kondisi ini dapat dikatakan normal.

Memang normalnya buah zakar besar sebelah, itu disebabkan karena testis kanan turun lebih dulu daripada yang kiri, sehingga testis kanan terlihat lebih kecil daripada yang kiri. Perlu juga diperhatikan konsistensi dari testis Anda, apakah semakin membesar dan teraba keras. Apakah makin terlihat besar pada waktu Anda mengedan atau batuk, apabila hal tersebut terjadi kemungkinan dapat disebabkan karena hernia dimana usus turun ke buah zakar. Hal ini harus diwaspadai karena dapat menyebabkan usus terjepit dan harus dilakukan tindakan operasi.

Bila keluhan semakin mengganggu, kami sarankan sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah urologi untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan penyebab.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar