Sukses

Konsumsi Coklat Saat Hamil Pengaruhi Warna Kulit Bayi?

21 Jan 2015, 00:20 WIB
Wanita, 24 tahun.

Apakah ibu hamil yamg sering makan coklat dapat mempengaruhi warna kulit pada bayinya ?

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Coklat merupakan suatu asupan makanan yang mengandung kafein. Selain coklat, kopi, teh dan minuman bersoda pun termasuk salah satu sumber kafein. American Journal of Obstetrics and Gynecology, merekomendasikan konsumsi kafein pada ibu hamil dibatasi sampai dengan 200 mg per hari. Konsumsi kafein lebih dari jumlah yang dianjurkan akan dapat meningkatkan risiko keguguran janin.

Selain risiko tersebut, konsumsi kafein berlebihan menurut penelitian dapat meningkatkan sedikit risiko bayi lahir dengan berat badan rendah, dan undesenden testis (testis janin tidak turun dari abdomen/perut ke skrotum/buah zakar).

Kafein sendiri merupakan suatu stimulan yang memiliki efek meningkatkan detak jantung, meningkatkan tekanan darah, menyebabkan heartburn (peningkatan asam lambung), dan insomnia. Berhati-hatilah juga karena kafein tidak hanya terdapat di dalam minuman, namun juga di dalam makanan dan obat (obat flu, sakit kepala, obat alergi).

Jumlah 200 mg kafein setara dengan 2-3 cangkir kopi instant, 4 gelas teh, 5 kaleng minuman bersoda, dan sekitar 4 bar (@50g) coklat batangan. Usahakan jangan lebih dari jumlah tersebut setiap harinya.

Konsulsi coklat saat hamil tidak memperngaruhi warna kulit bayi yang akan dilahirkan, karena warna kulit bayi tergantung dari warna kulit kedua orang tuanya.

Berikut ini kami sertakan artikel yang berjudul :

10 Mitos Kehamilan Terkait Makanan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar