Sukses

Nyeri Pinggang dan Perut Kembung

28 Dec 2014, 12:11 WIB
Wanita, 44 tahun.

dok, kenapa perut saya kembung disertai dengan pinggang yang sakit ya dok?

 

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti gangguan pada otot, ginjal, saraf,pembuluh darah ataupun tulang belakang. Bila nyeri dirasakan menjalar, mungkin disebabkan oleh gangguan atau terjepitnya saraf. Nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh nyeri alih, misal pada batu ginjal atau dismenorea. Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba,  yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke  daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus.

Bagaimanakah dengan nyeri yang Anda rasakan? Karena perlu diteliti kembali mengenai hal-hal berikut :

  • apakah keluhan tersebut disertai dengan keluhan buang air kecil (ada pasir, darah, sulit BAK, nyeri BAK)

  • kapan saja keluhan terjadi,sudah terjadi sejak kapan/berapa lama

  • apakah durasi nyeri lama

  • bagaimana sifat nyeri (seperti ditusuk; sangat nyeri; berdenyut; dll)

  • apakah nyeri menjalar ke bagian tubuh lain

Pada orang dewasa, keluhan perut terasa kembung dan sulit buang angin kemungkinan disebabkan karena dispepsia atau gangguan pencernaan yang dapat diatasi dengan membatasi makanan yang merangsang lambung serta beberapa obat pencernaan. Kondisi ini juga dapat disebabkan karena tubuh yang kurang fit, istirahat kurang, makan tidak teratur, jarang berolahraga, dan stress. Untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan menjaga kesehatan disarankan untuk makan makanan bergizi secara teratur, istirahat cukup (6-8 jam/hari), olahraga rutin (3-5x/minggu), serta hindari stress.

Sayang sekali karena kurangnya informasi dan keterbatasan kami untuk dapat melakukan pemeriksaan fisik, maka kami tidak dapat memastikan penyebab timbulnya keluhan tersebut. Diperlukan wawancara medis yang mendetil serta pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan untuk melakukan diagnosis yang akurat. Maka jika keluhan Anda memang sangat mengganggu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut sehingga dapat diketahui penyebab keluhan Anda dan mendiskusikan penanganan yang paling tepat untuk Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

1 Komentar