Sukses

Sebab Sesak dan Khasiat Daun Sirsak

21 Jan 2015, 00:57 WIB
Pria, 24 tahun.

malam dokter. saya ingin bertanya: saya terkadang susah bernafas, nafas pendek, badan kurus dari SMA(sebelum merokok sampai sekarang merokok beratnya sama), saya tidak batuk berdarah,sering lemas, terkadang sering sakit dibagian dada seperti ada syaraf/otot yang terjepit. apakah saya terkena kanker paru paru dokter? apakah bisa daun sirsak sebagai alternatif pengobatan? terima kasih

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sesak nafas atau yang dalam istilah medis dikenal dengan dyspnoe merupakan perasaan yang dirasakan oleh seseorang mengenai ketidaknyamanan atau kesulitan dalam bernapas.

Sesak napas dapat disebabkan oleh gangguan dalam sistem pernapasan (hidung, tenggorokan paru-paru) atau gangguan yang berasal dari luar paru-paru (jantung)

Tanda-tanda dari sesak napas dapat berupa :

  • Peningkatan jumlah frekuensi napas (dewasa >20x/menit; anak >30x/menit; bayi>40x/menit)
  • Kebiruan pada sekitar bibir, ujung-ujung jari
  • Adanya suara napas tambahan seperti ngorok, serak, grok-grok, mengi

Penyebab kegawatdaruratan karena sesak napas dapat berupa :

  • Asma : batuk, mengi
  • Infeksi paru (pneumonia) : batuk, panas, sesak napas
  • Alergi (pembengkakan pada tenggorok yang menyebabkan terjadinya sumbatan) : riwayat makan makanan yang menyebabkan alergi (seafood, kacang, telur, dll)
  • Sakit jantung (disertai nyeri dada)
  • Trauma dada (kecelakaan yang mengenai dada) : riwayat benturan keras di daerah dada, sesak napas, nyeri dada, ada kerusakan pada dada (patah tulang), perdarahan

Berdasarkan keterangan yang kami berikan di atas, kira kira apa yang memicu rasa sesak napas Anda? Apakah ada riwayat asma pada diri Anda? Apakah Anda merokok? Apakah anda ada keluhan terasa panas pada dada? mual atau muntah? rasa seperti terbakar pada daerah leher? apakah Anda memiliki riwayat sakit magg? apakah Anda memiliki kebiasaan berbaring atau tidur setelah makan? 

Selain hal-hal tersebut yang telah kami sebutkan, perasaan sesak terkadang dapat dipicu oleh keadaan psikosomatis, yang dipengaruhi oleh stres seperti yang terjadi pada gangguan cemas dan juga serangan panik.

Kami mengalami kesulitan untuk memastikan penyebab sesak yang Anda rasakan dikarenakan kurangnya data dan keterbatasan kami untuk melakukan pemeriksaan secara langsung. Untuk itu, kami sarankan Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung dan wawancara medis lebih mendalam dalam mendiagnosis kelainan yang Anda alami guna evaluasi dan penanganan lebih lanjut.

 

Mengenai khasiat daun sirsak, hingga saat ini belum ada penelitian yang menjelaskan bahwa meminum rebusan daun sirsak memiliki khasiat pada penyakit tertentu. Namun, sirsak merupakan buah yang mengadung antioksidan, dan vitamin C tinggi.

Antioksidan tinggi itu mencegah, bukan untuk mengobati. Mencegah tentu berbeda dengan mengobati. Dalam dunia kedokteran apabila ingin menganjurkan seseorang, kita harus melakukan penelitian terpercaya. Mulai dari penelitian yang dilakukan dengan bahan percobaan hewan, lalu diterapkan pada manusia. Penelitian dilakukan bervariasi antara jangka pendek hingga jangka panjang untuk menghasilkan temuan yang terpercaya.

Jadi untuk mengetahui manfaat dari suatu obat membutuhkan penelitian yang panjang. Sampai saat ini, kami belum mengetahui adanya penelitian yang mengumumkan tentang manfaat pasti dari rebusan daun sirsak tersebut.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar