Sukses

Anak Tidak Memiliki Lubang Vagina Sejak Lahir

29 Jan 2015, 08:59 WIB
Pria, 25 tahun.

GINI PAK DOKTER, ANAK SAYA (PR) BERUMUR 3,5 THN DAN MEMILIKI KELAINAN YAITU TERTUTUPNYA (TIDAK ADA LUBANG VAGINA) SEJAK LAHIR. SETELAH SAYA BAWA KE RS. H. ADAM MALIK MEDAN, ANAK SAYA HARUS DI OPERASI, TETAPI TUNGGU SAMPAI ANAK SAYA AKHIR BALIGH (HAID). YG MAU SAYA TANYAKAN, BISA TIDAK ANAK SAYA MENJADI NORMAL SEPERTI PEREMPUAN PADA UMUMNYA ( BERHUBUNGAN DAN PUNYA ANAK) ? KENAPA OPERASI NYA BARU BISA DILAKUKAN SAAT ANAK SAYA SUDAH BALIGH? DAN YG PALING PENTING, BERAPA BIAYA OPERASINYA PAK DOKTER...? TERUS TERANG SAYA SANGAT SEDIH SEKALI MENGETAHUI ADA KELAINAN PADA ANAK SAYA SATU-SATUNYA, DAN MULAI TAHUN LALU SAYA SUDAH MENABUNG UNTUK BIAYA OPERASI ANAK SAYA, KARENA PERUSAHAAN TEMPAT SAYA BEKERJA TIDAK MENANGGUNG BIAYA OPERASI ANAK YG CACAT SAAT DILAHIRKAN... TERIMA KASIH PAK DOKTER.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Lubang vagina yang tak terbentuk disebut juga agenesis vagina. Kelainan ini terjadi sejak masa embrio akibat tak terbentuknya saluran kelamin bagian bawah secara sempurna. Salah satu penyebabnya, pemakaian obat dietilstilbestrol, tapi secara umum sebab pastinya sulit diketahui. Apabila memang anak Anda mengalami agenesis vagina maka berkonsultasilah segera dengan dokter spesialis anak.

Namun terkadang didapatkan juga lubang vagina yang menutup karena alat kelamin anak tidak dibersihkan dengan baik. Kotoran yang menumpuk menyebabkan perlengketan dan akibatnya menutup lubang. Apabila memang ini yang terjadi maka penanganannya hanya diperlukan sedikit insisi (dibuka sedikit dengan cotton bud atau alat lain) untuk membuka lubang vagina dan membersihkan kotoran. Pada kasus ini, lubang vagina memang sudah ada namun tertutup karena kotoran. Hal ini dapat dilakukan oleh dokter spesialis anak.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis anak untuk memastikan kondisi anak Anda terlebih dahulu untuk kemudian mendiskusikan pilihan-pilihan penangangan yang terbaik untuk putri Anda.

Agenesis vagina jarang ditemukan dan perlu penanganan yang baik oleh dokter subspesialis uroginekologi (ahli bedah rekonstruksi alat kandungan). Dokter terlebih dahulu akan memeriksa apakah memang betul kelainannya hanya di vagina atau ada kelainan lain yang menyertainya. Bila ditemukan kelainan yang memerlukan tindakan operasi, umumnya akan dilakukan setelah putri Bapak cukup besar. Hal ini untuk melihat apakah lubang vagina dapat muncul seiring dengan pertumbuhan anak.

Untuk biaya operasi tergantung kebijakan rumah sakit. Karena operasi seperti ini hanya dapat dilakukan di rumah sakit besar dengan tim dokter yang lengkap. Untuk informasi rumah sakit, Anda bisa mengunjungi fitur cari rumah sakit di halaman web kami. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar